[SALAH] Jawaban Siswa Saat Ditanya Jokowi Cita-citanya “Pengen Prabowo Menang”

Hasil Periksa Dyah Febriyani

Hoaks lama beredar kembali. Video tersebut hasil editan pada bagian audio. Faktanya, siswa itu menjawab cita-citanya ingin menjadi Youtuber.

[Kategori]
Konten yang Dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://archive.cob.web.id/archive/1698608704.507618/index.html

[NARASI]
” kirain mau minta sepeda, eh malah pengen Prabowo menang
Info dari Pusat 830 Nggak bisa didebat”

[PENJELASAN]
Beredar kembali hoaks tahun 2019 tentang video yang memperlihatkan Jokowi sedang bertanya pada seorang anak terkait cita-cita. Saat menjawab pertanyaan Jokowi, anak itu mengatakan bahwa cita-citanya Prabowo menang Pilpres. Faktanya video tersebut adalah hasil manipulasi audio.

Ulasan tentang fakta hoaks yang beredar ini, pernah diulas pada Februari 2019 dan Juli 2023. Fakta yang ditemukan, siswa itu menyebutkan cita-citanya menjadi YouTuber. Video asli kuis Jokowi itu diunggah oleh CNN Indonesia pada 24 Juli 2017. Saat itu Jokowi berkunjung ke Pekanbaru dalam rangka memperingati hari anak nasional.

Pada kesempatan itu, Jokowi memanggil perwakilan siswa yang hadir untuk diberi pertanyaan kuis. Salah satu yang terpilih adalah siswa bernama Rafi. Jokowi bertanya pada Rafi tentang cita-citanya, dengan tegas Rafi menjawab cita-citanya adalah menjadi YouTuber.

[REFERENSI]
https://turnbackhoax.id/2019/02/06/salah-cita-cita-bocah-ingin-prabowo-menang-saat-ditanya-jokowi/

https://turnbackhoax.id/2023/07/27/salah-seorang-anak-ditanya-jokowi-cita-cita-prabowo-menang/

https://www.youtube.com/watch?v=VoOqAm_ZW-w&pp=ygVRSm9rb3dpIHNhYXQgbWVtZXJpYWhrYW4gSGFyaSBBbmFrIE5hc2lvbmFsIGRhbiBtZW5naGlidXIgcmlidWFuIGFuYWsgZGkgUGVrYW5iYXJ1