[SALAH] Seorang anak ditanya Jokowi “cita-cita Prabowo menang”

Hasil periksa fakta Arief Putra Ramadhan.

Hoaks lama bersemi kembali. Video tersebut merupakan kunjungan Jokowi saat memeriahkann Hari Anak Nasional yang sudah melalui tahap editan untuk dimanipulasi.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
=============
Kategori: Konten yang dimanipulasi

Beredar sebuh postingan yang diunggah oleh akun Twitter @Lembayung071 pada 20 Juli 2023. Video tersebut memperlihatkan cuplikan Presiden Joko Widodo yang sedang menanyakan kepada seorang murid SD atas cita-citanya. Snak tersebut justru menjawab jika ingin Prabowo menang pemilihan presiden, dengan narasi sebagai berikut:

Narasi:
Anak kecil aja tau loh ….Ingat ya
2024

Sumber: Twitter https://archive.ph/zumwS#selection-559.0-575.11 Arsip
============

PENJELASAN:
Berdasarkan hasil penelusuran, video yang berdurasi 17 detik yang diputar lebih dari 18.000 kali merupakan video hoaks lama yang muncul kembali di tengah masyarakat menjelang pemilihan umum 2024.

Artikel serupa juga pernah dibuat oleh pemeriksa fakta Mafindo pada 6 Februari 2016, dengan judul “[SALAH] Cita-cita Bocah Ingin Prabowo Menang Saat Ditanya Jokowi”. Video tersebut telah melaui proses editing di bagian audio yang di-dubbing, dengan suara bocah tersebut diubah saat menjawab pertanyaan dari Jokowi.

Setelah ditelusuri video itu merupakan kunjungan Jokowi saat memeriahkan Hari Anak Nasional dan menghibur ribuan anak di Pekanbaru, Riau pada tahun 2017 silam.

Dengan demikian, video tersebut tidak benar sehingga masuk ke dalam kategori konten yang dimanipulasi.

Referensi:
https://turnbackhoax.id/2019/02/06/salah-cita-cita-bocah-ingin-prabowo-menang-saat-ditanya-jokowi/
https://www.youtube.com/watch?v=VoOqAm_ZW-w&pp=ygVRSm9rb3dpIHNhYXQgbWVtZXJpYWhrYW4gSGFyaSBBbmFrIE5hc2lvbmFsIGRhbiBtZW5naGlidXIgcmlidWFuIGFuYWsgZGkgUGVrYW5iYXJ1
https://www.youtube.com/watch?v=ApTlMciKQTA&pp=ygVRSm9rb3dpIHNhYXQgbWVtZXJpYWhrYW4gSGFyaSBBbmFrIE5hc2lvbmFsIGRhbiBtZW5naGlidXIgcmlidWFuIGFuYWsgZGkgUGVrYW5iYXJ1