[SALAH] Video “Tentara Cina Komunis Tiongkok Masuk Indonesia”

BUKAN tentara Cina melainkan pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua pada bulan Februari 2023 yang lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Imho Walleye (fb.com/100018182814077) pada 27 Oktober 2023 mengunggah sebuah video dengan narasi “Apakah ini memang benar di bandara indonesia ?? Ada yg tau video aslinya kah ?”

Di video tersebut juga terdapat narasi:

“SAMPAI SEKARANG BELUM ADA SEORANG PEJABAT INDONESIA YANG BISA MENJELAS SIAPA ORANG-ORANG INI DAN UNTUK APA MEREKA DI DATANGKAN KE NKRI SERAGAMNYA JELAS PERLENGKAPANNYA JELAS TERLIHAT” dan “APAKAH VIDEO INI BENAR ??? BAGAIMANA BISA TENTARA TIONGKOK BISA MASUK INDONESIA DAN UNTUK APA TENTARA CINA KOMUNIS MASUK INDONESIA ??? SIAPA YANG BETLRTANGGUNG JAWAB DAN YANG BISA MENJELASKAN INI KEPADA BANGSA INDONESIA ??? APAKAH PKI GAYA BARU AKAN BERSATU DENGAN TENTARA CINA KOMUNIS MEMBERONTAK NKRI”

Sumber: https://bit.ly/499CNTR (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai tentara komunis Tiongkok dari Cina yang masuk ke Indonesia merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, tentara tersebut bukanlah tentara komunis Tiongkok dari Cina melainkan pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua pada bulan Februari 2023 yang lalu.

Sebelumnya, video yang sama juga pernah diklaim sebagai tentara Cina yang masuk ke Indonesia pada tengah malam. Klaim ini sudah dibantah dan diperiksa faktanya melalui artikel berjudul “[SALAH] Tentara Cina Sudah Masuk Indonesia Tengah Malam Secara Terang-terangan Pakai Seragam” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 6 Februari 2023.

Dilansir dari artikel ini, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

“Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua,” kata Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (3/2/2023).

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/02/06/salah-tentara-cina-sudah-masuk-indonesia-tengah-malam-secara-terang-terangan-pakai-seragam/
https://turnbackhoax.id/2023/08/08/salah-video-pasukan-import-bukan-t-k-a-china-termaksud-didatangkan-tuk-hanya-membela-rezim/
https://www.liputan6.com/news/read/5197716/heboh-video-tentara-china-di-bandara-naik-lion-air-begini-penjelasan-polri

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo