[SALAH] Foto “Maia Estianty di depan iBox mempromosikan Air pro 4”

Foto editan. Foto Maia Estianty dan anaknya tersebut adalah hasil manipulasi dari foto antrean pembeli iPhone 13 di iBox pada tahun 2021. Di foto asli tidak ada Maia dan anaknya.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Dimanipulasi
===========================================
Akun Facebook π“œπ“ͺ𝓲а 𝓔𝓼𝓽𝓲π“ͺ𝓷𝓽𝔂 (fb.com/61552779722003) pada 27 Oktober 2023 mengunggah beberapa foto yang salah satunya adalah foto penyanyi Maia Estianty dan anaknya, Ahmad Al Ghazali di depan toko iBox dengan narasi:

“Bodoh sekali.. Saya antri lebih dari 3 jam di Grand Megamall untuk membeli Air pro 4 ini hanya dengan Rp225.000/pcs (Rp899.000/4pcs), tapi sesampainya di rumah, pihak toko mengumumkan akan melakukannya terbuka untuk penjualan online dan tetap mempertahankan promosi ini + gratis ongkos kirim di situs resminya: https://www.ibox-indonesia[dot]click/airpro4_flashsale (Khususnya, semua pelanggan menikmati garansi 3 tahun, promosi pengiriman gratis, dan pembayaran nyaman setelah diterima.)”

Sumber: https://bit.ly/49f9XRS (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto penyanyi Maia Estianty dan anaknya di depan toko iBox merupakan konten yang dimanipulasi.

Foto tersebut merupakan foto editan. Foto Maia Estianty dan anaknya tersebut adalah hasil manipulasi dari foto antrean pembeli iPhone 13 di iBox pada tahun 2021. Di foto asli tidak ada Maia dan anaknya.

Foto yang asli salah satunya dimuat di artikel berita berjudul “Pandemi, iBox Terapkan Antrean Virtual buat Pembeli iPhone 13” yang terbit di situs inet.detik.com pada 22 November 2021. Dilansir dair artikel ini, ada yang berbeda saat pencinta Apple membeli iPhone 13 di gerai resminya iBox. Dilihat dari postingan Instagram @iboxindonesia, beberapa orang berjejer di depan iBox Store untuk mengambil iPhone 13. Namun tak serapat seperti biasanya. Para pembeli yang datang harus menerapkan protokol kesehatan dengan menjaga jarak antara satu pembeli dengan pembeli lainnya.

Selain itu, akun Facebook β€œMaia Estianty” tersebut merupakan akun palsu. Akun Facebook asli milik Maia Estianty adalah facebook.com/maiaestiantymussry. Akun Facebook yang asli ini tercantum di Linktree yang ada di bio akun Instagram terverifikasi milik Maia Estianty.

Klaim tersebut merupakan modus operandi iklan yang dibalut berita kontroversial dan juga menggunakan gambar yang tidak terkait dengan isi iklan tersebut.

REFERENSI
https://inet.detik.com/consumer/d-5820138/pandemi-ibox-terapkan-antrean-virtual-buat-pembeli-iphone-13
https://turnbackhoax.id/2023/10/04/salah-foto-penyanyi-maia-estianty-di-depan-ibox/

About Adi Syafitrah 1634 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo