[SALAH] Tentara Cina Sudah Masuk Indonesia Tengah Malam Secara Terang-terangan Pakai Seragam

Informasi yang menyesatkan. Para tentara dalam video tersebut bukanlah tentara Cina melainkan TNI Korps Brimob. Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/GkcMm)

======

[NARASI]:

Sudah terang2an pakai seragam militer? Gila ini beneran…… Tentara Cina sudah masuk Indonesia, tengah malam, untuk Apa.?!? Siap² saja Anak Cucu dijajah Aseng, atau siap jadi Mata² Cina / Pengkhianat bagi Negeri ini.!!!
Mentri Pertahannya bahkan tidak merasakan bahaya ??”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter bernama Mencaricinta99 mengunggah sebuah video berdurasi 25 detik yang memperlihatkan personil tentara yang tengah berada di bandara pada malam hari dan diklaim merupakan tentara Cina yang secara terang-terangan masuk ke indonesia menggunakan seragam lengkap.

Berdasarkan hasil penelusuran melihat frame per frame dari video tersebut, terlihat pesawat komersil dari maskapai Lion Air yang siap mengangkut para tentara tersebut. Selain itu pencarian dilakukan di youtube dan didapati bahwa para personil tentara yang diklaim dari Cina itu adalah salah.

Menanggapi video tersebut, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

“Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua,” kata Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (3/2/2023).

Setelah meneliti lebih lanjut, terdapat kesamaan emblem pada bagian rompi depan tentara tersebut, serta adanya lambang bendera merah putih di bagian lengan kanan atas.

Sementara itu terkait pesawat Lion Air, maskapai yang satu itu memang menjalin kerja sama dengan Polri guna mengangkut dan memobilisasi personil Polri ke daerah-daerah di Indonesia.

======

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/news/read/5197716/heboh-video-tentara-china-di-bandara-naik-lion-air-begini-penjelasan-polri

https://news.detik.com/berita/d-2688854/urusan-kirim-kirim-pasukan-polri-gandeng-lion-air