[SALAH] Video “PASUKAN IMPORT bukan T.K.A China termaksud “DIDATANGKAN tuk HANYA MEMBELA REZIM”

BUKAN pasukan impor melainkan pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua pada bulan Februari 2023 yang lalu.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Beredar sebuah video yang menampilkan pasukan yang tengah berada di bandara pada malam hari di aplikasi percakapan Whatsapp dengan narasi sebagai berikut:

“TAK HARUS “MENUTUP MATA” dg SEPULUH JARI TERBUKA. HENDAK MENGELAK dg CARA APALAGI kalau TERBUKTIKAN dg JELAS “ADANYA PENYUSUP yg DIFASILITASI” dg MENGGUNAKAN SERAGAM LENGKAP dg PERSENJATAANNYA PULA ?????. Inikah yg pada GILIRANNYA kan BERALASAN: Untuk MENGAMANKAN ASSET~ASSETNYA CHINA kala “TERPAKAI tuk PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR di INDONESIA” sementara TIDAK DIBUTUHKAN MENDATANGKAN “PASUKAN LAIN dari LAIN NEGARA” ke INDONESIA, hingga DAPAT DITENGARAI bahwa PASUKAN IMPORT bukan T.K.A China termaksud “DIDATANGKAN tuk HANYA MEMBELA REZIM dalam KEMUNGKINAN PERGOLAKAN yg kan TERJADI di INDONESIA”, lalu …………. kenapa TNI TIDAK BERSIKAP ??”

Sumber: archive.ph/tjOMs (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya video yang diklaim sebagai pasukan impor yang didatangkan untuk membela rezim merupakan konten yang menyesatkan.

Faktanya, pasukan itu bukanlah pasukan impor melainkan pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua pada bulan Februari 2023 yang lalu.

Sebelumnya, video yang sama juga pernah diklaim sebagai tentara Cina yang masuk ke Indonesia pada tengah malam. Klaim ini sudah dibantah dan diperiksa faktanya melalui artikel berjudul “[SALAH] Tentara Cina Sudah Masuk Indonesia Tengah Malam Secara Terang-terangan Pakai Seragam” yang terbit di situs turnbackhoax.id pada 6 Februari 2023.

Dilansir dari artikel ini, Dansat Intel Korps Brimob Polri Kombes Pol Mulyadi menjelaskan bahwa video puluhan tentara tersebut adalah pasukan Brimob yang tiba setelah bertugas di Satgas Damai Damai Cartenz, Papua.

“Intinya, pasukan tersebut adalah personel Brimob yang baru selesai operasi satgas Damai Cartenz Papua,” kata Mulyadi saat dikonfirmasi merdeka.com, Jumat (3/2/2023).

REFERENSI
https://turnbackhoax.id/2023/02/06/salah-tentara-cina-sudah-masuk-indonesia-tengah-malam-secara-terang-terangan-pakai-seragam/
https://www.liputan6.com/news/read/5197716/heboh-video-tentara-china-di-bandara-naik-lion-air-begini-penjelasan-polri

About Adi Syafitrah 1618 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo