[SALAH] Pesan Pengumuman Pemenang Hadiah Rp40 Juta dari TikTok

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya, pihak TikTok telah menegaskan bahwa hanya ada satu situs yang resmi, yaitu tiktok.com. Sementara untuk informasi terkait TikTok LIVE, gifts, and wallet dapat diakses melalui https://support.tiktok.com/en. Pihak TikTok tidak akan menggunakan nomor pribadi untuk menawarkan atau memberikan hadiah kepada pengguna.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: FABRICATED CONTENT/Konten Palsu

=====

[SUMBER]: WHATSAPP

archie.fo/Xdvmk

=====

[NARASI]:

“INFORMASI RESMI TIK-TOK 2022

Nomor Anda Terpilih sebagai pemenang hadiah Rp.40.000.000 Dalam Rangka Bagi” Hadiah September 2022

untuk mengkalim hadiahnya silakan chat wa marketing TIK-TOK di bawa ini wa:081354042116”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah informasi melalui pesan di media sosial Whatsapp yang berisi pengumuman pemenang hadiah senilai Rp40 juta dari TikTok, dalam rangka bagi-bagi hadiah September 2022. Pesan ini membuat klaim yang menyatakan bahwa informasi ini merupakan informasi resmi dari TikTok dan para penerima pesan diminta untuk menghubungi nomor yang tertera di dalamnya.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait hal ini, ditemukan sebuah fakta bahwa pesan pengumuman pemenang hadiah senilai Rp40 juta dari TikTok merupakan pesan hoaks. Hoaks ini merupakan hoaks lama yang kembali beredar dan beberapa kali sempat beredar dengan modifikasi.

Melansir dari artikel turnbackhoax.id berjudul “[SALAH] Pemberian Hadiah Rp40 Juta dari TikTok Kepada Pengguna”  pihak TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok. Dalam penjelasannya, pihak TikTok menyatakan bahwa tidak pernah menggunakan nomor pribadi untuk memberikan atau menawarkan hadiah kepada pengguna. Pihak TikTok juga menegaskan bahwa TikTok hanya memiliki satu situs web resmi, yaitu tiktok.com. Sementara untuk informasi terkait TikTok LIVE, gifts, and wallet dapat diakses melalui https://support.tiktok.com/en. Sehingga apabila masyarakat atau pengguna TikTok menerima pesan terkait dengan pemberian hadiah yang mengatasnamakan TikTok, maka dapat melaporkan informasi tersebut kepada pihak TikTok melalui feedback@tiktok.com.

Jadi dapat disimpulkan bahwa pesan tentang pengumuman pemenang hadiah Rp40 juta dari TikTok melalui aplikasi media social Whatsapp, merupakan informasi hoaks dan termasuk dalam hoaks kategori fabricated content atau konten palsu.

=====

[REFERENSI]:

Editor: Bentang Febrylian