[SALAH] SMS Kejutan TikTok Bonus Sebesar Rp45 Juta

SMS bukan berasal dari pihak TikTok. Dilansir dari gadgetren.com, pihak TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok. “TikTok tidak pernah menggunakan nomor pribadi atau layanan email pihak ketiga lainnya untuk memberikan dan/atau menawarkan hadiah kepada pengguna,” ujar perwakilan dari TikTok.

=====

Kategori: Konten Palsu

=====

Sumber: SMS

=====

Narasi:

“KjutanTik Tok Bonus

No Anda Terpilih

Mdaptkn Rp.45JT

Dr. Aplikasi TIK TOK

Info lebih Lanjut HUB

WA :0822-1373[sensor]”

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai SMS yang berisikan si penerima SMS mendapatkan bonus kejutan dari TikTok sebesar Rp45 Juta. Dalam SMS tersebut tertera nomor kontak Whatsapp untuk dihubungi.

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari gadgetren.com, pihak perwakilan pihak TikTok membantah telah menyebarkan SMS tersebut. TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok. “TikTok tidak pernah menggunakan nomor pribadi atau layanan email pihak ketiga lainnya untuk memberikan dan/atau menawarkan hadiah kepada pengguna,” ujar perwakilan dari TikTok.

Adapun, pihak TikTok pun menyarankan agar pengguna dapat lebih waspada dan berhati-hati terhadap pesan, situs web, atau saluran komunikasi lainnya yang mencurigakan dengan mencantumkan nama maupun logo TikTok.

Selain itu, perwakilan TikTok menyampaikan bahwa TikTok hanya memiliki satu email dan situs web resmi, yakni tiktok.com. Di dalam laman resmi bantuan TikTok (support.tiktok.com) tidak terdapat keterangan adanya program bonus kejutan seperti klaim pada SMS berantai.

Hingga saat ini, diketahui bahwa program bonus yang ada dari pihak TikTok ada di dalam aplikasi TikTok Lite. Dalam aplikasi tersebut, pengguna bisa mendapatkan bonus dengan sistem referral rewards.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten SMS berantai itu masuk ke dalam kategori Konten Palsu.

=====

Referensi:

https://support.tiktok.com/id/

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20210519165535-190-644366/cara-menghasilkan-uang-dari-tiktok-lite-dan-mencairkannya

https://tekno.kompas.com/read/2021/05/07/20020017/menjajal-tiktok-lite-aplikasi-yang-diklaim-bisa-hasilkan-uang?page=all