[SALAH] Pemberian Hadiah Rp40 Juta dari TikTok Kepada Pengguna

Hasil Periksa Fakta Novita Kusuma Wardhani. Informasi tersebut salah. Faktanya, melansir dari gadgetren.com, pihak TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok.

Selengkapnya di bagian penjelasan.

===

Kategori: Konten Palsu

===

Sumber: SMS

===

Narasi:
β€œIni K4muTrpilih
M-dptkan Rp40jt dri
T-i-k-T-o-k Langsung
Ambil H-a-d-i-a-h K4mu
Ch@t W@ 085796915110”.

===

Penjelasan:
Beberapa waktu lalu sempat beredar sebuah pesan singkat terkait diberikannya hadiah senilai Rp40 juta dari TikTok bagi para pengguna.

Namun melansir dari gadgetren.com, pihak TikTok menegaskan bahwa pesan teks tersebut adalah penipuan dan bukan pesan resmi dari pihak TikTok, karena TikTok tidak pernah menggunakan nomor pribadi atau layanan email untuk memberikan atau menawarkan hadiah kepada pengguna.

Melansir dari turnbackhoax.id, beberapa waktu lalu juga sempat beredar informasi yang sama, yaitu terkait pemberian hadiah senilai puluhan juta kepada pengguna TikTok yang diinformasikan melalui pesan singkat. Namun nominal hadiah yang dijanjikan dalam pesan singkat tersebut berbeda.

Atas dasar tersebut, pihak TikTok juga menegaskan kembali bahwa TikTok hanya memiliki satu email dan satu situs web resmi, yaitu tiktok.com. Sehingga apabila masyarakat atau pengguna TikTok menerima pesan singkat terkait dengan pemberian hadiah senilai puluhan juta dengan mengatasnamakan TikTok, maka diharapkan bisa segera melaporkan informasi tersebut kepada pihak TikTok melalui feedback@tiktok.com.

Berdasarkan pada seluruh referensi, informasi terkait pemberian hadiah Rp40 juta dari TikTok kepada pengguna ialah informasi salah dan masuk ke dalam kategori konten palsu.

Referensi:
https://gadgetren.com/2021/11/06/hati-hati-sms-berhadiah-jutaan-rupiah-catut-nama-tiktok-tengah-bersebaran-152257/
https://turnbackhoax.id/2021/11/07/salah-sms-kejutan-tiktok-bonus-sebesar-rp45-juta/

Penulis: Novita Kusuma Wardhani
Editor: Bentang Febrylian