[SALAH] Lagu “Ojo Dibandingke” Dinyanyikan Di Luar Negeri

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli Sinaga (Universitas Sumatera Utara)

Faktanya video tersebut adalah hasil editan. Pada video aslinya, lagu yang dinyanyikan berjudul “Dancing in the Dark”.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====

[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====

[SUMBER]: FACEBOOK

https://www.facebook.com/100009272439416/videos/1145314479382944/

https://archive.cob.web.id/archive/1661623066.998529/index.html

=====

[NARASI]:

“keren banget gara2 farel lagu Ojo dibandingke mendunia”

=====

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang menampilkan video cuplikan dari sebuah ajang pencarian bakat di luar negeri. Terlihat dari video tersebut seorang laki-laki membawakan sebuah lagu berbahasa jawa yang tengah viral di Indonesia berjudul “Ojo Dibandingke”. Akun Facebook yang mengunggah video ini juga menambahkan narasi, “keren banget gara2 farel lagu Ojo dibandingke mendunia”.

Namun setelah melakukan penelusuran terkait video yang beredar tersebut, ditemukan fakta bahwa video laki-laki yang diklaim menyanyikan lagu “Ojo Dibandingke” pada ajang pencarian bakat di luar negeri ini adalah video editan alias hoaks. Di dalam video aslinya, laki-laki yang diketahui bernama Jørgen Dahl Moe ini, membawakan sebuah lagu berjudul “Dancing in the Dark” pada ajang pencarian bakat The Voice Norway.

Jadi dapat disimpulkan bahwa video yang memperlihatkan seorang laki-laki membawakan lagu “Ojo Dibandingke” pada sebuah ajang pencarian bakat di luar negeri merupakan video hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:

Editor: Bentang Febrylian