[SALAH] Tentara Merah Cina Mendarat di Bandara Indonesia Tiap Jam

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Tidak benar pernyataan bahwa tentara merah dari Cina mendarat di Bandara Indonesia tiap jam. Video yang diunggah memperlihatkan tempat keberangkatan di Terminal 3 Soekarno-Hatta bukan di tempat penumpang yang baru datang. Selain itu, pihak imigrasi Bandara Soekarno-Hatta telah menjelaskan tidak ada peristiwa kedatangan warga negara asing asal Cina secara besar-besaran.

Simak penjelasannya.

====
[KATEGORI] Konten menyesatkan

====
[SUMBER] Facebook
https://bit.ly/4aNLyCL

====
[NARASI]
INDONESIA DIUJUNG TANDUKā€¦!!!

1 April 2024, tentara2 merah china perjam mendarat..WASPADALAH

====
[PENJELASAN]
Sebuah akun Facebook bernama Meliana Marlessy mengunggah video yang menyatakan bahwa pada 1 April 2024 tentara Cina bergiliran datang ke Indonesia. Video ini menampilkan suasana bandara yang terlihat ramai.

Setelah dilakukan penelusuran, melansir dari laman http://medcom.id unggahan tersebut tidaklah benar. Video tersebut terlihat berada di Terminal 3 untuk keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dari laman serupa juga dijelaskan bahwa kedatangan pesawat dari Cina ke Bandara Soekarno-Hatta Indonesia pada 1 April 2024 tidak terjadi setiap jam.

Pernyataan mengenai kedatangan tentara Cina ini sudah dikonfirmasi ketidakbenarannya oleh beberapa media termasuk http://turnbackhoax.id. Dalam laman ini dijelaskan bahwa Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Bambang Tri Cahyono mengatakan tidak ada peristiwa kedatangan warga asing asal Cina secara besar-besaran seperti yang diinformasikan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pernyataan mengenai tentara merah Cina yang mendarat di Indonesia setiap jam tidaklah benar.

====
[REFERENSI]
https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/yKX13lXN-cek-fakta-tentara-merah-china-berdatangan-setiap-jam-ke-indonesia-ini-faktanya

https://turnbackhoax.id/2024/04/18/salah-tentara-merah-cina-berdatangan-setiap-jam-ke-indonesia/