[SALAH] Tentara Merah Cina Berdatangan Setiap Jam Ke Indonesia 

Hasil periksa fakta Raymondha Elsha 

Klaim mengenai video ratusan tentara Cina berdatangan ke Indonesia tanggal 1 April 2024 adalah tidak benar. Video tersebut direkam di jalur keberangkatan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bukan di tempat penumpang baru datang. 

===========

[KATEGORI]: Konten menyesatkan

===========

[SUMBER]: Facebook https://ghostarchive.org/archive/JgcqQ (arsip)

===========

[NARASI]: *1 April 2024 tentara² merah cina komunis per jam mendarat…waspada lah RAKYAT jangan lengah, pertanda apa ini..??!!*

===========

[PENJELASAN]: 

Beredar sebuah video di Facebook yang mengklaim adanya ratusan personil Tentara Merah Cina yang memasuki wilayah Indonesia melalui bandara. Mereka datang setiap jam secara bertahap. Video tersebut memperlihatkan beberapa orang duduk di tempat yang mirip seperti ruang tunggu di bandara. Beberapa orang terlihat sedang duduk di dekat koper masing-masing sambil bermain handphone. 

Namun, klaim tersebut rupanya tidak benar. Melansir dari artikel Tempo yang membahas isu ini, disebutkan jika video yang beredar tersebut memperlihatkan interior gedung Terminal 3 keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bukan di tempat penumpang baru datang. Di sisi lain, diketahui kedatangan pesawat dari Cina ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tanggal 1 April 2024, tidak terjadi setiap jam. 

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Soekarno-Hatta, Bambang Tri Cahyono mengatakan bahwa tidak ada peristiwa kedatangan warga negara asing (WNA) asal Cina secara besar-besaran, hingga ratusan orang per jam seperti yang dinarasikan. Sementara itu, jika dicermati video tersebut hanya memperlihatkan sekitar 30 orang yang duduk di ruang tunggu, tidak sampai 100 orang. 

Berdasarkan penjelasan dari temuan tersebut dapat disimpulkan jika video yang mengklaim ratusan tentara Cina berdatangan ke Indonesia tanggal 1 April 2024 adalah tidak benar. 

===========

 [REFERENSI] :

https://cekfakta.tempo.co/fakta/2854/keliru-video-yang-diklaim-tentara-merah-cina-berdatangan-setiap-jam-ke-indonesia-mulai-1-april-2024