[SALAH] Hashim Akui Kemenangan Anies

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, Hashim tidak mengatakan bahwa ia mengakui kemenangan Anies di Pilpres 2024. Dalam pidatonya saat acara “Syukuran Kemenangan Orang Muda” Hashim hanya bercerita bahwa banyak pihak yang mengatakan Anies – Muhaimin akan menang jika Prabowo menggandeng Gibran di Pilpres 2024.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Instagram
https://ghostarchive.org/archive/A2T24

=====    

Narasi   
Oh… Alhamdulillah udah akui pk Anis menang

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Kompas. 
Akun instagram sataronidai telah memposting sebuah reels instagram yang mengklaim bahwa Hashim …., adik dari Prabowo Subianto mengakui kemenangan Anies sebagai dalam Pilpres 2024. Video tersebut telah ditonton sebanyak 302.000 penonton. 

Dilansir dalam kompas.com, video serupa ditemukan dalam kanal youtube Tribunnews yang berjudul “Kesaksian Hashim Saat Prabowo Dinasehati Akan Kalah Bila Gandeng Gibran di Pilpres 2024” video tersebut telah diunggah pada 22 Februari 2024. Saat itu Hashim telah menghadiri acara “Syukuran Kemenangan Orang Muda” di Pos Bloc, Jakarta, pada 21 Februari 2024.

Dalam acara tersebut, Hashim tidak mengatakan bahwa ia mengakui kemenangan Anies di Pilpres 2024. Hashim hanya bercerita soal beberapa pihak yang menyatakan Prabowo Subianto akan kalah di Pilpres 2024 jika menggandeng Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden. Kemudian dia juga menyebutkan ada beberapa pihak menilai Anies – Muhaimin yang akan menang jika Prabowo menggandeng Gibran sebagai cawapres. 

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/31/153500082/-hoaks-hashim-akui-kemenangan-anies-baswedan-di-pilpres-2024