[SALAH] Ronaldo Berikan Dukungan Kepada Anak Anak di Gaza

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, video unggahan facebook tersebut merupakan video yang telah dimanipulasi, kata Suriah dalam yang diucapkan oleh Ronaldo diganti dengan kata Gaza memakai bantuan AI. 

=====    

KATEGORI: Konten yang dimanipulasi

=====    

Sumber: Facebook
https://bit.ly/3yL5CbD

=====    

Narasi   
Cristiano Ronaldo secara terbuka menunjukkan empati dan dukungannya kepada bangsa Palestina.
Ayo tunjukkan keberpihakanmu juga!

=====   

Penjelasan:   
Akun facebook Syahrurizal rizal telah memposting sebuah video Cristiano Ronaldo yang memberi dukungan kepada anak anak Gaza, sebagai bentuk kepeduliannya dengan apa yang terjadi kepada warga Palestina. 

Setelah dilakukan penelusuran, video tersebut identik dengan salah satu sumber hoax dari Antaranews.com. Dilansir dalam antaranews.com, video pada akun facebook Syahrurizal rizal identik dengan unggahan Ronaldo pada tahun 2016 yang telah diunggah di laman facebook. 

Dalam video asli tersebut Ronaldo mengucapkan kata ‘Suriah’ pada kalimat “This is for childrens of Suriah” bukan kata ‘Gaza’. Dalam video ia telah memberikan dukungan dan semangat kepada anak anak di Suriah saat konflik di Suriah terjadi. Ronaldo juga telah memberikan sumbangan dengan memberikan bantuan pada anak-anak dan keluarga di Suriah. 

Sehingga, video unggahan facebook tersebut merupakan video yang telah dimanipulasi, kata Suriah dalam yang diucapkan oleh Ronaldo diganti dengan kata Gaza memakai bantuan AI. 

=====     

Referensi:    
https://m.antaranews.com/berita/4132752/cek-fakta-video-ronaldo-berikan-dukungan-untuk-anak-anak-palestina?utm_source=antaranews&utm_medium=mobile&utm_campaign=latest_category