[SALAH] WALIKOTA BOSTON, PEREMPUAN ASAL YOGYAKARTA

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, perempuan yang dimaksud di dalam unggahan tersebut adalah warga negara Amerika Serikat yang merupakan keturunan Asia (Taiwan).

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: X
https://archive.fo/hjlz0/again?url=https://twitter.com/MohammadKhafid3/status/1790999995984101470%3Ft=mBLiaXjbZBW3sZZigg5Tjg%26s=19

=====
[NARASI]:

“*Walikota Boston USA, seorang perempuan asal Yogyakarta. πŸ‘πŸ‘INI BARU HEIBAAAAT! Umur 37 th, org Indonesia boleh ikut bangga. ( coba bandingkan Wapres Gibran) . Wali kota  Boston Ibarat Langit Biru, sedangkan Gibran Itu Persis Air Comberan Uyang Kotor Dan Menjijikan.”

=====
[PENJELASAN]:

Beredar unggahan melalui media sosial X, sebuah video tentang Walikota Boston, yang disebut merupakan perempuan asal Yogyakarta. Di dalam video tersebut, tampak cuplikan wawancara dan foto-foto pada saat dirinya melakukan tugas sebagai Walikota Boston. Namun apakah benar, perempuan yang disebut berusia 37 tahun ini merupakan perempuan asal Yogyakarta?

Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut mengenai unggahan akun X bernama @MohammadKhafid3, diketahui bahwa klaim yang menyebutkan perempuan berusia 37 tahun yang menjadi Walikota Boston tersebut berasal dari Yogyakarta, merupakan sebuah klaim yang keliru. Diketahui klaim ini merupakan hoaks yang pernah muncul di tahun 2023 lalu.

Melansir dari artikel Kompas.com, perempuan yang dimaksud adalah Michelle Wu. Diketahui bahwa orangtua Michelle merupakan imigran asal Taiwan, yang pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1980-an.

Video yang beredar tersebut merupakan video yang bersumber dari VOA Indonesia, yang terbit pada 3 Juni 2022. Video tersebut membahas mengenai Michelle sebagai perempuan dan keturuan Asia pertama yang memimpin Kota Boston.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyebutkan bahwa walikota Boston yang merupakan perempuan berusia 37 adalah perempuan asal Yogyakarta, merupakan klaim yang keliru. Narasi ini termasuk ke dalam kategori konten menyesatkan atau misleading content.

=====
[REFERENSI]:

https://www.nbcboston.com/news/local/michelle-wu-shares-how-bringing-her-family-to-boston-saved-her-moms-life/2485147/

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/04/28/164400182/-hoaks-wali-kota-boston-michelle-wu-berasal-dari-yogyakarta

=====