[SALAH] RI SOL JU GUGAT CERAI KIM JONG UN DI PENGADILAN NEGERI PYONGYANG

Hasil Periksa Fakta Gabriela Nauli

Faktanya, tidak ada informasi resmi yang mengabarkan informasi tersebut. Terbatasnya akses informasi negara ini, menjadikan informasi tersebut tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Selengkapnya ada di penjelasan.

=====
[KATEGORI]: MISLEADING CONTENT/Konten Menyesatkan

=====
[SUMBER]: TIKTOK
https://ghostarchive.org/archive/M0Ekn

=====
[NARASI]:

“ri sol ju ibu negara korea utara baru baru ini heboh di media sosial karena menggugat cerai kim jong un karena kekerasan dalam rumah tangga ri solju mendatangi pengadilan pyongyang dan media korea selatan kbs tv dan yonhap mengatakan kim jong un dan ri solju bercerai bagaimana nasib kim ju ae jika ayah ibunya bercerai dan bagaimana nasib warga korea utara jika keduanya berpisah”

=====
[PENJELASAN]:

Sebuah unggahan melalui media sosial Tiktok, menampilkan sebuah narasi yang menyebutkan bahwa terdapat masalah di dalam rumah tangga Presiden Korea Utara, Kim Jong Un, dengan istrinya, Ri Sol Ju. Permasalahan ini mengakibatkan Ri Sol Ju mengajukan gugatan cerai terhadap Kim Jong Un, yang kemudian dikabulkan oleh pengadilan negeri Pyongyang. Apakah benar, Kim Jong Un dengan istrinya, Ri Sol Ju telah bercerai di pengadilan negeri Pyongyang?

Setelah melakukan penelusuran dengan menggunakan kata kunci pencarian “Kim Jong Un bercerai”, tidak ditemukan informasi yang mengabarkan hal demikian, baik media dalam negeri maupun media luar negeri. Melalui penelusuran ini, ditemukan beberapa informasi yang bahkan menyebutkan bahwa perceraian di Korea Utara, adalah hal yang tabu bagi masyarakatnya. Negara dengan paham sosialis yang kuat, menjadikan negara ini sangat menghindari adanya perceraian.

Seperti yang disebutkan dalam artikel KBS World Indonesian, kebanyakan orang tidak mampu membayar biaya besar untuk mengurus perceraian dan alasan perceraian yang dapat diterima sangat dibatasi. Apalagi masyarakat Korea Utara menganggap perceraian sebagai perbuatan tercela. Oleh sebab itu, sulit untuk menemukan kasus perceraian di Korea Utara.

Kembali kepada narasi yang beredar, klaim yang menyatakan bahwa pengadilan negeri Pyongyang telah mengabulkan perceraian antara Kim Jong Un dan Ri Sol Ju, juga tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Tidak ditemukan informasi mengenai kebijakan hukum seperti apa yang akan berlaku bagi pejabat negara Korea Utara. Selain itu, terbatasnya akses informasi mengenai kehidupan Ri Sol Ju sebagai istri pemimpin Korea Utara, menjadi klaim yang beredar ini tidak dapat dibuktikan kebenarannya. Bahkan media Yonhap yang disebut menerima kabar tersebut langsung dari Ri Sol Ju, tidak ditemukan menerbitkan ulasan mengenai hal terkait.

Jadi dapat disimpulkan, klaim yang menyatakan bahwa pengadilan negeri Pyongyang telah mengabulkan gugatan cerai Ri Sol Ju terhadap suaminya Kim Jong Un, merupakan klaim yang keliru dan tidak terbukti. Narasi ini merupakan kabar yang termasuk ke dalam kategori misleading conten atau konten menyesatkan.

=====
[REFERENSI]:

https://world.kbs.co.kr/service/contents_view.htm?lang=i&menu_cate=northkorea&id=&board_seq=395664&page=4&board_code=korea_closeup

https://news.detik.com/internasional/d-6210142/warga-korut-ramai-ramai-bercerai-karena-tekanan-ekonomi/2?

https://m-en.yna.co.kr/search/index?query=Ri%20sol%20ju&lang=EN&from=20230516&to=20240516&period=1y

https://www.grid.id/read/044042187/bertahta-jadi-ibu-negara-korea-utara-ri-sol-ju-harus-patuhi-7-aturan-ketat-ini-dari-kim-jong-un-ternyata-tak-boleh-bertemu-orang-tua?page=5

=====

https://vt.tiktok.com/ZSYecAomc/