[PENIPUAN]: “Dokter Tirta Menjelaskan Metode Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi yang salah, faktanya video Dokter Tirta tersebut diedit menggunakan AI dengan mengganti suara aslinya, video asli Dokter Tirta sedang menjelaskan tentang tips-tips pasca olahraga lari.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

[SUMBER]: FACEBOOK
https://perma.cc/5MAX-FDVV

=====

[NARASI]: Dokter Tirta Menjelaskan Metode Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet dan Olahraga

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah unggahan narasi di media sosial Facebook dengan nama akun “Tirta Mandira Hudhi” dengan narasi Dokter Tirta menjelaskan metode menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga.

Setelah melakukan penelusuran, faktanya video Dokter Tirta tersebut diedit menggunakan AI dengan mengganti suara aslinya, video asli dapat dilihat melalui akun Instagram resmi “dr.tirta”. Dokter Tirta dalam video tersebut sedang menjelaskan tentang beberapa tips pasca olahraga lari.

Cara menurunkan berat badan tidak akan maksimal jika hanya mengandalkan pengurangan asupan kalori saja. Mengurangi asupan kalori tanpa olahraga akan membuat tubuh kehilangan banyak lemak sekaligus massa otot.

Jadi, dengan mengombinasikan olahraga dan diet sehat, Anda dapat menurunkan berat badan dengan tetap mempertahankan massa otot tubuh.

Dengan demikian klaim tentang Dokter Tirta menjelaskan metode menurunkan berat badan tanpa diet dan olahraga adalah keliru dan masuk kategori konten yang menyesatkan.

=====

[REFERENSI]:
https://www.instagram.com/reel/C68QiMcOxcf/?igsh=aW5uejg4eWU3MWpm
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/olahraga-untuk-menurunkan-berat-badan