[SALAH] Wanita Asal Yogyakarta Jadi Wali Kota Boston

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Wali Kota Boston, Michelle Wu bukan Warga Negara Indonesia. Michelle adalah putri dari imigran Taiwan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1681398132.500766/screenshot.png (TikTok)

=====

[NARASI]: “terpilihnya Warga Negara Indonesia dari Yogyakarta menjadi Walikota di Boston, USA”

=====

[PENJELASAN]:

Sebuah akun di media sosial TikTok mengunggah video dengan klaim seorang Warga Negara Indonesia yang berasal dari Yogyakarta dilantik menjadi Wali Kota Boston, Amerika Serikat. Michelle Wu, disebut sebagai walikota perempuan dan orang Asia pertama yang memimpin Kota Boston. Dalam video juga disebutkan program yang dijalankan Michelle selama empat bulan kepemimpinannya, beberapa di antaranya adalah layanan bus gratis dan hunian gratis bagi tunawisma.

Diketahui, Michelle telah menjabat sebagai wali kota sejak tahun 2021. Michelle berhasil menang dari sesama politisi Partai Demokrat, Kim Janey. Sebelumnya Kim Janey yang merupakan perempuan kulit hitam pertama telah pernah menjabat sebagai pelaksana tugas Wali Kota Boston, namun tidak terpilih melalui mekanisme pemilihan wali kota.

Setelah dilakukan penelusuran, Michelle Wu merupakan putri dari imigran Taiwan. Michelle lahir di South Side, Chicago pada 15 Januari 1986. Sehingga klaim pada video yang beredar tersebut adalah informasi yang salah.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.boston.gov/departments/mayors-office/michelle-wu
– https://www.michelleforboston.com/meet-michelle
– https://www.kompas.com/tren/read/2023/03/16/143000465/ramai-soal-wali-kota-boston-as-disebut-berasal-dari-yogyakarta-begini?page=all
– https://en.wikipedia.org/wiki/Michelle_Wu#:~:text=Michelle%20Wu%20(Chinese%3A%20%E5%90%B3%E5%BC%AD,on%20the%20Boston%20City%20Council.