[SALAH] Bocoran Seragam Sekolah Baru di Indonesia

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Gambaran konsep seragam sekolah terbaru itu hasil buatan artificial intelligence (AI). Mengutip dari laman resmi Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH Kemendikbud Ristek), aturan terkait seragam sekolah masih mengacu pada Peraturan Mendikbud Ristek (Permendikbudristek) Nomor 50 Tahun 2022 yang masih berstatus berlaku.

[KATEGORI]
Konten yang dimanipulasi

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/VN8A-ZU4N

[NARASI]
“Seragam sekolah futuristik
Agar anak indonesia terlihat lebih stylish, cerdas dan lincah”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @tribunsebelah.id, mengunggah video yang menampilkan gambar seragam sekolah baru berdasarkan peraturan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Seragam sekolah pada video TikTok nampak lebih futuristik dan berbeda jauh dari seragam sekolah saat ini.

Sebelumnya, pada pertengahan April 2024 lalu, muncul narasi yang menyebutkan Mendikbud, Nadiem Makarim menetapkan peraturan seragam sekolah 2024. Munculnya kabar itu sempat membuat warganet heboh.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, berdasarkan peraturan Mendikbud Ristek (Permendikbudristek) Nomor 50 Tahun 2022 yang masih berstatus berlaku. Artinya, aturan seragam sekolah 2024 masih mengikuti aturan lama. Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 tersebut, berikut ini penjelasan :

– Pakaian seragam nasional siswa SD dan SDLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok merah hati.

– Pakaian seragam nasional siswa SMP dan SMPLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok biru tua.

-Pakaian seragam nasional siswa SMA, SMALB, SMK, dan SMKLB adalah atasan kemeja putih dan bawahan celana atau rok abu-abu.

Terkait gambar yang terdapat pada video yang beredar, bisa dibuat menggunakan teknologi AI. Kanal YouTube Masyawi.Id, membagikan tutorial menciptakan gambar buatan. Ia menjelaskan banyak laman gratis atau aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat foto AI.

[REFERENSI]

https://turnbackhoax.id/2024/04/19/salah-seragam-sekolah-sdsmp-sma-di-indonesia-diganti-setelah-lebaran/

https://youtu.be/4YJrEASgbFM?si=_5ePhzj2-5k2E_0p

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20240413142621-33-530111/heboh-aturan-seragam-sekolah-baru-2024-ini-ketentuan-nadiem

https://www.liputan6.com/hot/read/5572577/aturan-seragam-sekolah-baru-2024-oleh-kemendikbudristek-jenjang-sd-hingga-sma?page=2