[SALAH] Jokowi Kirimkan Bunga Ucapan Terima Kasih ke Kim Jong Un Karena Dukung Timnas Indonesia Lawan Korsel

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Faktanya, pada September 2020 Jokowi mengirimkan bunga untuk Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dalam rangka hari jadi ke-72 Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) atau Korea Utara.

[KATEGORI]
Konteks yang salah

[SUMBER]
TikTok
https://ghostarchive.org/archive/glvUJ

[NARASI]
” Kim Jong Un medukung Timnas Indonesia atas Korsel atas dukungan Kim Jong Un, Jokowi kirim bunga sebagai ucapan terima kasih”

[PENJELASAN]
Akun TikTok @deleans, mengunggah video yang mengklaim jika Jokowi kirimkan bunga ucapan terima kasih untuk Kim Jong Un karena sudah mendukung Timnas Indonesia Lawan Korea Selatan. Video itu menampilkan sebuah foto karangan bunga warna warni.

Setelah dilakukan penelusuran Google Image Search, Jokowi mengirimkan bunga untuk Kim Jong Un pada September 2020. Jokowi mengirimkan bunga dalam rangka rangka hari jadi ke-72 Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK) atau Korea Utara. Jadi tidak ada kaitannya dengan dukungan Kim Jong Un untuk Timnas sepakbola Indonesia melawan Korea Selatan.

Video TikTok tersebut, aslinya merupakan video YouTube Redaksi Trans7 Official dengan judul “Bunga Jokowi Untuk Kim Jong Un | REDAKSI SORE (27/09/20)” yang diunggah pada 29 September 2020.

[REFERENSI]
https://news.detik.com/berita/d-5186457/ini-bunga-yang-dikabarkan-dikirim-jokowi-untuk-kim-jong-un

https://youtu.be/0I5IC4J-mjs?si=Kp6wLtuVGlXjmblk