[SALAH] Bensin Motor dicampur Minyak Kayu Putih

Hasil Periksa Fakta Dyah Febriyani

Beberapa pakar mengungkapkan bahwa belum ada penelitian dan standarisasi resmi oleh Pemerintah terkait penggunaan minyak kayu putih pada bensin. Para pakar mengingatkan kemungkinan resiko kerusakan mesin jika mencampurkan zat aditif yang belum diuji kandungannya.

[KATEGORI]
Konten yang menyesatkan

[SUMBER]
TikTok
https://perma.cc/9TVR-P753

[NARASI]
“rutinan ges, minyak kayu putih cmpr bensin. biar naik oktannya #prabzgarage #minyakkayuputih #matic”

[PENJELASAN]
Beredar sebuah video yang menunjukkan seorang pengendara motor menuangkan minyak kayu putih pada lubang bensin. Pengunggah mengklaim mencampurkan minyak kayu putih dengan bensin dapat menaikkan nilai oktan. Unggahan itu menjadi viral di TikTok telah dilihat sebanyak 9,4 juta kali.

Beberapa pakar energi dan otomotif berpendapat terkait video viral ini. Viva.co.id, mewawancarai
Ferdi Hasiman selaku pengamat energi yang mengungkapkan penggunaan minyak kayu putih untuk bensin sebenarnya masuk akal, mengingat kandungan zat dari minyak kayu putih merupakan nabati namun tidak anjurkan karena belum ada ada penelitian dan standarisasi resmi dari Pemerintah.

Sindonews.com, mewawancarai Technical Support Auto2000, Agus Mustofa yang berkata jika mencampurkan zat aditif ke dalam bensin dapat menyebabkan kerusakan pada area mesin karena belum diketahui zat aditif yang dijual dipasaran tidak diketahui apa isi kandungannya.

Kedua pakar tersebut sepakat jika praktek mencampurkan minyak kayu putih pada bensin bisa beresiko merusak mesin. Dengan demikian, unggahan tersebut termasuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

[REFERENSI]
https://www.viva.co.id/otomotif/motor/1707758-viral-motor-matik-diisi-minyak-kayu-putih-campur-bensin-ini-kata-pakar

https://otomotif.sindonews.com/read/1363851/121/viral-bensin-motor-dicampur-minyak-kayu-putih-ini-efeknya-1713798252