[SALAH] Seragam Sekolah SD,SMP, SMA di Indonesia Diganti Setelah Lebaran

Hasil periksa fakta Amanda Rahma

Faktanya, pernyataan tersebut telah dibantah oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Indonesia melalui akun Instagram officialnya. Aturan seragam sekolah masih mengacu pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022.

Simak penjelasannya

====
[KATEGORI] Konten Menyesatkan

====
[SUMBER] Tiktok https://web.archive.org/web/20240418082029/https://www.tiktok.com/@arahprima_85/video/7356883660928224518?_t=8lbRh4ZHUsW&_r=1

====
[NARASI]
” Sebelum lebaran beli baju baru buat lebaran, setelah lebaran emak2 harus siap2 beli seragam baru buat anak2nya sekolah”

====
[PENJELASAN]

Sebuah video di Tiktok yanng diunggah oleh akun bernama BuPrima mengabarkan bahwa setelah lebaran para orang tua harus siap-siap membeli seragam baru untuk anak-anaknya. Dalam video ini juga ditambahkan gambar artikel yang menerangkan tentang Nadiem Makarim mengeluarkan kebijakan mengganti seragam baru untuk anak SD, SMP, dan SMA di Indonesia.

Setelah ditelusuri, ternyata pernyataan bahwa Nadiem Makarim mengganti seragam baru untuk siswa SD, SMP, dan SMA tidaklah benar. Kabar ini telah diklarifikasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Melalui akun instagram officialnya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Indonesia menjelaskan bahwa kabar yang menyebutkan seragam sekolah dirubah setelah lebaran tidak benar, ” Tidak ada perubahan aturan mengenai seragam sekolah, semua masih merujuk pada Permendikbudristek No. 50 Tahun 2022, sehingga tidak ada aturan yang mengharuskan siswa membeli seragam baru pada 2024″.

Selain itu, dilansir dari laman http://kompas.tv seragam sekolah terdiri dari seragam nasional dan seragam Pramuka. Sekolah juga dapat menetapkan pakaian khas serta pemerintah daerah diizinkan mengatur pakaian adat selama tidak menggangu hak peserta didik dalam menjalankan agama dan kepercayaan.

Dengan demikian, pernyataan tentang seragam sekolah diganti setelah lebaran 2024 tidaklah benar.

====
[REFERENSI
https://www.instagram.com/p/C5vA5AxSV9T/?igsh=MW12YzFmazR5dzc4dw==

https://www.kompas.tv/amp/nasional/500324/viral-isu-seragam-sekolah-sd-smp-sma-bakal-ganti-usai-lebaran-2024-kemendikbud-buka-suara?page=2