[SALAH] Video Massa Menghadang Mobil dan Mengancam Jokowi

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa massa menghadang mobil dan mengancam Jokowi adalah konten yang dimanipulasi. Faktanya tidak ada bukti valid terkait hal tersebut dan thumbnail dalam video adalah hasil editan.

=========
[KATEGORI]: Konten Yang Dimanipulasi

========
[SUMBER]: http://web.archive.org/save/https://youtu.be/aUyaZPwGv7o?si=AYJanutFfMasplHs

=====
[NARASI]:
Breaking news..!! Gempar mobil dihadang dan diacam jokowi tam selamat ribuan masa ngamuk..!!

============
[PENJELASAN]:

Akun Youtube “NARASI POLITIK” pada 18 Maret 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa massa menghadang mobil dan mengancam Jokowi. Faktanya tidak ada bukti kredibel terkait hal tersebut.

Setelah menonton keseluruhan video sama sekali tidak membahas sebagaimana dalam klaim. Unggahan tersebut hanya berisi potongan video yang tidak berkaitan. Lebih lanjut thumbnail dalam unggahan tersebut juga merupakan hasil editan. Dilansir dari detik.com gambar tersebut identik dengan perusakan mobil polisi oleh sejumlah remaja di tengah demo Omnibus Law di Surabaya. Sebelumnya gambar yang sama telah digunakan dalam unggahan video dengan klaim “Perusakan mobil Gibran usai posting foto Anies pakai baju KPK”. Dapat disimpulkan bahwa unggahan di atas adalah konten yang dimanipulasi.

==========
[REFERENSI]:
[1] https://turnbackhoax.id/2023/02/15/salah-mobil-gibran-dihancurkan-usai-posting-foto-anies-pakai-baju-kpk/
[2] https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5205211/di-tengah-demo-omnibus-law-di-surabaya-sekelompok-remaja-rusak-mobil-polisi