[SALAH] MOBIL GIBRAN DIHANCURKAN USAI POSTING FOTO ANIES PAKAI BAJU KPK

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya judul dan isi video tidak berkaitan. Isi dalam video tersebut sama sekali tidak menampilkan adanya perusakan mobil Gibran dan thumbnail pada video tersebut merupakan gambar hasil editan.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1676259901.334138/singlefile.html

====

[NARASI]:
Gawat !! Mobil Gibran Tiba-Tiba Di Serang, Usai Posting Foto Anies Pakai Baju KPK !!

BREAKING NEWS
MOBIL GIBRAN DIHANCURKAN USAI POSTING FOTO ANIES PAKAI BAJU KPK (Dalam thumbnail)

====

[PENJELASAN]:
Channel youtube INFO POPULER mengunggah video dengan narasi yang mengklaim bahwa mobil Walikota Solo Gibran Rakabumingraka diserang akibat mengunggah foto Anies Baswedan mengenakan baju KPK.

Melansir metro.suara.com, video unggahan tersebut berisi cuplikan-cuplikan video yang digabung menjadi satu. Beberapa potongan dalam video tersebut berisi tanggapan dari beberapa pihak mengenai cuitan Gibran yang mengunggah foto Anies Baswedaan masuk gorong-gorong.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari dexco.suara.com dengan judul “Anies-Gibran Saling Balas Cuitan Disorot Warganet: Elitenya Haha-Hihi, Akar Rumput pada Berantem” yang diunggah pada 4 Januari 2023.

Thumbnail dalam video tersebut juga merupakan gambar yang telah diedit. Gambar yang menampilkan beberapa orang melakukan perusakan mobil tersebut identik dengan gambar yang diunggah oleh detik.com pada atikel berjudul “Di Tengah Demo Omnibus Law di Surabaya, Sekelompok Remaja Rusak Mobil Polisi” yang tayang pada 8 Oktober 2020.

Klaim Gibran unggah foto Anies Baswedan mengenakan baju KPK juga merupakan narasi yang salah, foto tersebut merupakan foto Anies mengenakan rompi berlogo Pemprov DKI Jakarta yang sedang membersihkan gorong-gorong.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa mobil Gibran diserang usai posting foto Anis pakai baju KPK tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

[Referensi]:
https://metro.suara.com/read/2023/02/09/143719/cek-fakta-mobil-gibran-diserang-usai-unggah-foto-anies-pakai-baju-kpk-benarkah

https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-5205211/di-tengah-demo-omnibus-law-di-surabaya-sekelompok-remaja-rusak-mobil-polisi

https://dexcon.suara.com/read/2023/01/04/210501/anies-gibran-saling-balas-cuitan-disorot-warganet-elitenya-haha-hihi-akar-rumput-pada-berantem