[SALAH] Video Massa melawan kecurangan KPU dengan membakar mobil plat merah

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim bahwa massa bakar mobil plat merah lawan kecurangan KPU di 2024 adalah konten yang menyesatkan. Faktanya video dalam unggahan merupakan kericuhan demonstrasi di Bawaslu pada Mei 2019.

=========
[KATEGORI]: Konten Yang Menyesatkan

========
[SUMBER]: https://web.archive.org/save/https://twitter.com/muhammaroke/status/1762470610247229494?t=wKEre_jbFkCwXkvAUJFVDQ&s=19

=====
[NARASI]:
LAWAN KECURANGAN KPU
Bakar Mobil Plat Merah
KPU, BAWASLU, MK, Menteri
Sistem Pemerintahan Lumpuh Total

#Live: tidak ada di TV
Tengah malam ini bro..rakyat mulai bersatu melawan kedzholiman

============
[PENJELASAN]:

Akun Twitter @muhammaroke pada 24 Februari 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa massa melawan kecurangan KPU dengan melakukan tindakan ekstrem seperti membakar mobil plat merah. Video tersebut diunggah beberapa hari setelah penyelenggaraan Pemilu 2024.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video dalam unggahan tersebut adalah demonstrasi yang terjadi pada 22 Mei yang dilakukan oleh sejumlah kelompok masyarakat sebagai bentuk kekecewaan penyelenggaraan Pemilu 2019. Aksi tersebut berubah menjadi bentrokan ketika ada kelompok yang melakukan tindakan provokatif hingga berakhir pelemparan bom molotov dan petasan di depan Bawaslu. Dilansir dari detiknews.com polisi telah menangkap terduga provokator sebanyak 11 orang. Dapat disimpulkan bahwa unggahan tersebut adalah konten yang menyesatkan.

==========
[REFERENSI]:
[1] https://news.detik.com/berita/d-4560392/kronologi-lengkap-rusuh-22-mei-dini-hari
[2] https://youtu.be/sURrxLKT-Mw?si=Wnpbi_SXdOKOaRVf
[3] https://turnbackhoax.id/2024/03/07/salah-gedung-bawaslu-hingga-mobil-plat-merah-dibakar-saat-demo-diskualifikasi-prabowo-gibran/