[SALAH] PUAN TEGAS TOLAK HAK ANGKET DARI GANJAR ANIES

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan informasi terkait Puan tegas menolak usulan hak angket dari Ganjar dan Anies. Dalam video tersebut hanya berisi beberapa cuplikan video berbeda yang digabung menjadi satu dan tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/6J7R-2BNA (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER SORE INI || PUAN BERBEDA PANDANGAN TOLAK HAK ANGKET USULAN GANJAR ANIES HANYA KARENA INI

BERITA TERBARU
PUAN BERBEDA PANDANGAN PUAN TEGAS MENOLAK USULAN HAK ANGKET DARI GANJAR ANIES

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama KUMPARAN TV yang menampilkan thumbnail Ketua DPR RI Puan Maharani sedang memimpin rapat dengan narasi yang menyatakan bahwa Puan Maharani tegas menolak usulan hak angket dari Ganjar dan Anies.

Setelah ditelusuri, gambar thumbnail yang menampilkan Puan Maharani sedang memimpin rapat tersebut merupakan gambar suasana rapat paripurna penutupan masa persidangan II tahun sidang 2023-2024 di kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa 5 Desember 2023. Foto aslinya dimuat pada situs antarafoto.com dengan judul “Rapat paripurna penutupan masa sidang DPR”.

Narasi pada awal video yang membahas tetang Pakar Hukum Tata Negara Prof DR Yusril Ihza Mahendra tengah pasang kuda-kuda untuk membela pasangan Prabowo-Gibran tersebut bersumber dari artikel disway.id berjudul “Yusril Ihza Mahendra Pasang Kuda-Kuda Hadapi Gugatan Kubu Anies-Imin dan Ganjar-Mahfud di MK”.

Selanjutnya narator dalam video tersebut membacakan artikel dari kompas.tv yang berjudul “Duga Kubu Anies dan Ganjar Mau Batalkan Hasil Pilpres Via MK, Yusril: Kami Telah Bersiap-siap”. Artikel ini membahas tentang Wakil Dewan Pengarah Tim Kampanye Yusril Ihza Mahendra yang menduga kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud akan gugat hasil Pilpres 2024 ke Mahkamah Konstitusi.

Narasi selanjutnya masih membahas Yusril Ihza Mahendra yang menduga kubu Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud akan menggugat ke MK untuk membatalkan hasil Pilpres 2024. Narasi tersebut identik dengan artikel kompas.com berjudul “Duga Kubu Anies dan Ganjar Mau Batalkan Hasil Pilpres lewat MK, Yusril: Tidak Apa-apa, asal Ada Bukti”.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Puan tegas menolak usulan hak angket dari Ganjar dan Anies tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yeng menyesatkan.

=======

[REFERENSI]:
https://www.antarafoto.com/id/view/2114157/rapat-paripurna-penutupan-masa-sidang-dpr

https://disway.id/read/763967/yusril-ihza-mahendra-pasang-kuda-kuda-hadapi-gugatan-kubu-anies-imin-dan-ganjar-mahfud-di-mk

https://www.kompas.tv/video/486628/duga-kubu-anies-dan-ganjar-mau-batalkan-hasil-pilpres-via-mk-yusril-kami-telah-bersiap-siap

https://nasional.kompas.com/read/2024/02/20/05210011/duga-kubu-anies-dan-ganjar-mau-batalkan-hasil-pilpres-lewat-mk-yusril-tidak#google_vignette