[SALAH] Video Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp63 Miliar untuk Istrinya

Hasil periksa fakta Rahmah an.

Hoaks berulang. Faktanya Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah sebesar Rp63 miliar dalam RAPBD tahun 2018 lalu untuk PAUD, bukan untuk kepentingan pribadinya.

=====
[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

Twitter
https://archive.is/DOeEw

=====
[NARASI]: “Gubernur Anies Berikan Hibah Rp 63 Miliar kepada istrinya selaku Bunda PAUD “Orang dalam versi Anies..?
“Kaya gini (ORDAL) atau bukan pak Anies??”

=====
[PENJELASAN]:
Beredar postingan video yang dibagikan oleh akun Twitter @xquitavee dan dapat ditemukan di media sosial lainnya mengklaim bahwa Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta.memberikan dana APBD DKI kepada istrinya, Fery Farhati Ganis sebesar Rp63 miliar.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa informasi tersebut adalah hoaks berulang. Dilansir dari tempo.co.id, mantan  Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah menganggarkan belanja hibah untuk PAUD sebesar Rp63 miliar dalam RAPBD Provinsi DKI Jakarta tahun 2018. Pada saat itu Bunda PAUD dipimpin oleh Fery Farhati Ganis, istri Anies Baswedan yang dikukuhkan pada 16 November 2017.

Sebagai tambahan PAUD atau Pendidikan Usia Dini adalah program pemerintah yang diatur dalam sejumlah peraturan perundang-undangan. Jabatan Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah di semua tingkatan. Mulai dari presiden, gubernur, bupati/walikota, camat, kepala desa dan lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan sesuai aturan Kemendikbud melalui buku Pedoman Peran Bunda PAUD terbit pada tahun 2019.

Artikel pada video merupakan tangkapan layar pada situs pekalongan.suaramerdeka.com, namun dengan narasi dan suara Anies Baswedan yang ditambahkan.

Hoaks terkait informasi di atas sering beredar di media sosial dan pernah dibantah di laman turnbackhoax.id pada Januari 2023 dengan judul “[SALAH] Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp63 Miliar untuk Istrinya”.

Dengan demikian Anies Baswedan memberikan uang Rp63 miliar yang diberikan Anies kepada istrinya seolah untuk kepentingan pribadi adalah salah. Faktanya, uang Rp 63 miliar dalam RAPBD dialokasikan untuk PAUD.

REFERENSI:
https://metro.tempo.co/read/1813050/anies-baswedan-cerita-soal-oposisi-yang-jegal-rencana-pemprov-dki-menjual-saham-bir?tracking_page_direct

https://www.harianindonesia.id/berita-utama/lantik-istri-jadi-bunda-paud-anies-hibahkan-63-milyar-dalam-apbd-dki.html
https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2019/Tampilan_Pedoman_Bunda_PAUD-OK.pdf

https://turnbackhoax.id/2023/01/17/salah-anies-baswedan-berikan-dana-apbd-rp63-miliar-untuk-istrinya/

https://pekalongan.suaramerdeka.com/nasional/pr-1811925301/gubernur-anies-berikan-hibah-rp-63-miliar-kepada-istrinya-selaku-bunda-paud