[SALAH] Anies Baswedan Berikan Dana APBD Rp63 Miliar untuk Istrinya

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Klaim Anies Baswedan yang berikan dana APBD untuk istrinya adalah informasi yang salah. Faktanya Pemprov DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah sebesar Rp63 miliar dalam RAPBD tahun 2018 lalu untuk PAUD, bukan untuk kepentingan pribadinya.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1672922221.593782/singlefile.html (Twitter)

=====

[NARASI]: “Ke mana KPK ketika Anies kasih dana hibah Rp 63 Miliar ke Bunda PAUD yang tidak lain adalah istrinya sendiri???”

=====

[PENJELASAN]:

Akun Twitter Lady Zebo membagikan tangkapan layar dengan klaim bahwa Anies Baswedan memberikan dana hibah sebesar Rp63 Miliar untuk istrinya. Dalam cuitannya tersebut, Lady Zebo mempertanyakan keberadaan KPK yang tidak menindak Anies.

Dalam cuitan tersebut terlampir  tangkapan layar dari portal berita mengenai dugaan suap dana hibah yang melibatkan Khofifah Indar dan Emil Dardak. Selain itu juga terdapat tangkapan layar dari berita mengenai polemik dana hibah APBD DKI Jakarta untuk Bunda PAUD.

Diketahui bahwa informasi ini adalah hoaks yang disebarkan berulang. Dikutip dari Merdeka.com, mantan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menganggarkan belanja hibah untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebesar Rp63 miliar dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Provinsi DKI Jakarta tahun 2018. Saat itu, Fery Farhati Ganis, istri Gubernur Anies Baswedan, dikukuhkan sebagai Bunda PAUD Provinsi DKI Jakarta pada 16 November 2017.

Gubernur Anies menyampaikan apresiasi kepada para pendidik PAUD, karena tahap ini sangat penting bagi pendidikan anak sebelum dewasa.

Melansir Medcom, jabatan Bunda PAUD merupakan predikat yang diberikan kepada istri kepala pemerintah dan kepala daerah di semua tingkatan. Mulai dari presiden, gubernur, bupati/walikota, camat, kepala desa dan lurah) atau disandang langsung oleh kepala pemerintahan dan kepala daerah perempuan. Bunda PAUD diikhtiarkan sebagai penggerak utama dalam pembinaan layanan pendidikan bagi anak usia dini (0-6 tahun) di wilayahnya guna mendukung terwujudnya layanan PAUD Berkualitas.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa uang Rp63 miliar yang diberikan Anies kepada istrinya seolah untuk kepentingan pribadi, adalah salah. Faktanya, uang APBD itu tidak untuk kepentingan pribadi.

=====

[REFERENSI]: