[SALAH] Lecehkan Shalat, Zulkifli Hasan Dicopot dari Ketua Umum PAN

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Saat ini Zulkifli Hasan masih menjabat sebagai Ketua Umum PAN. Tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan Zulkifli Hasan dicopot dari Ketua Umum PAN.

= = =

Kategori: Konten yang Dimanipulasi

= = =

Sumber: Facebook

https://ghostarchive.org/archive/ZkQ89

Screenshot: https://bit.ly/3GXC8I7

= = =

Narasi:

“Dic0p0t Tak Horm4T!! Usai Zulhas L3c3Hkan Sh0lat. Kompak Ratusan K4der P-an Nyatakan S1kap Begini”

“Breaking News. Dicopot Tak Hormat Usai Lecehkan Sholat. Kompak Kader PAN Nyatakan Sikap Begini.”

= = =

Penjelasan:

Unggahan di Facebook memberikan informasi dengan klaim bahwa Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, dicopot dengan tidak hormat dari Ketua Umum PAN karena melecehkan Shalat. Pencopotan tersebut adalah sikap dari kader partai PAN.

Namun tidak ditemukan sumber pemberitaan valid yang membenarkan klaim tersebut. Dilansir dari Kompas.com, narator dalam video yang diunggah dalam postingan tersebut hanya membacakan artikel berita dari OkeZone.com yang membahas mengenai pernyataan Ketua Forum Ummat Islam Bersatu yang menilai Zulhas telah melakukan penistaan agama serta mengajak seluruh Ormas Islam untuk melaporkan Zulhas ke Mabes Polri.

Dengan demikian, Zulkifli Hasan dicopot dari Ketua Umum PAN adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Dimanipulasi.

= = =

Referensi:

https://www.kompas.com/cekfakta/read/2023/12/27/200200982/-hoaks-zulhas-dicopot-sebagai-ketum-pan-karena-lecehkan-shalat?page=all#page2

https://nasional.okezone.com/read/2023/12/20/337/2941998/diduga-lecehkan-ibadah-sholat-zulhas-akan-dilaporkan-ke-mabes-polri

= = =