[SALAH] EKSPERIMEN MEMBESARKAN BAYI MANUSIA DAN SIMPANSE BERUJUNG BAYI MANUSIA MENIRU TINGKAH SIMPANSE

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya eksperimen dihentikan bukan karena tingkah anak yang meniru simpanse, melainkan karena keterbatasan struktur tubuh dan otak dari anak simpanse tersebut untuk membatasi perilaku simpanse meniru tingkah laku anak manusia.

=======

[KATEGORI]: Konteks yang salah
=======

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698375390.142074/index.html (Facebook)

=======

[NARASI]:
(Diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia)

DUA PSIKOLOGI PADA TAHUN 1930-AN MENGADOPSI BAYI SIMPANSE DAN MENCOBA MEMBESARKANNYA BERSAMA BAYI LAKI-LAKINYA SENDIRI UNTUK MELIHAT APAKAH INI MENYEBABKAN SIMPANSE BELAJAR PERILAKU MANUSIA. SETELAH SEMBILAN BULAN, MEREKA MENGHENTIKAN EKSPERIMEN KARENA ANAK MEREKA MULAI BERPERILAKU LEBIH SEPERTI SIMPANSE.

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah foto dari halaman facebook bernama Infotale yang menampilkan foto eksperimen seorang anak laki-laki bersama simpanse dengan narasi yang menyatakan bahwa setelah sembilan bulan berjalan eksperimen dihentikan karena bayi laki-laki tersebut mulai berperilaku seperti simpanse.

Eksperimen tersebut dilakukan oleh Winthrop Niles Kellogg yang merupakan psikolog komparatif Amerika yang mempelajari perilaku sejumlah spesies hewan cerdas. Kellogg membesarkan seekor bayi simpanse betina bernama Gua bersama dengan bayi laki-lakinya bernama Donald.

Inti dari eksperimen Kellogg ini adalah upaya untuk menemukan bagaimana jadinya seekor simpanse ketika dibesarkan di lingkungan manusia. Eksperimen dimulai pada tahun 1931.

Dilansir dari Wikipedia, setelah sembilan bulan bekerja, eksperimen tersebut tidak memenuhi harapan Kellogg, dengan alasan simpanse tersebut tidak berusaha untuk berkomunikasi melalui bahasa manusia. Eksperimen dihentikan setelah terlihat keterbatasan struktur tubuh dan otak dari anak simpanse tersebut untuk membatasi perilaku simpanse meniru tingkah laku anak manusia. Studi berakhir pada musim semi 1932.

Hoax yang sama pernah beredar pada tahun 2022. turnbackhoax.id telah melakukan pengecekan fakta dengan judul artikel “[SALAH] Eksperimen simpanse dan anak dihentikan karena anak meniru tingkah monyet”.

Dengan demikian, klaim narasi yang menyatakan eksperimen tersebut dihentikan karena bayi laki-laki meniru tingkah simpanse adalah keliru dan termasuk ke dalam kategori konteks yang salah.

=======

[REFERENSI]:
https://turnbackhoax.id/2022/07/18/salah-eksperimen-simpanse-dan-anak-dihentikan-karena-anak-meniru-tingkah-monyet/

https://en.wikipedia.org/wiki/Winthrop_Kellogg#The_Ape_and_The_Child