[SALAH] Relawan Sumbang 3 Milyar Demi Menangkan Anies Baswedan

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Informasi yang salah. Cuplikan dan narasi yang dibacakan tidak memiliki kaitan dengan klaim yang menyebut relawan sumbang tiga milyar rupiah demi menangkan Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1697630568.518966/index.html (Youtube)

=====

[NARASI]: “Sumbangan relawan terkumpul 3miliya:bangbang: rakyat bawah rela biayai Anies demi raih kemenangan”

=====

[PENJELASAN]:

Kanal Youtube NEGARA POLITIK mengunggah video dengan klaim relawan pendukung Anies Baswedan berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar 3 milyar rupiah. Hal ini disebut sebagai bentuk dukungan demi memenangkan pasangan Anies dan Muhaimin pada Pilpres 2024 mendatang.

Namun setelah menonton keseluruhan video, justru tidak ditemukan informasi yang menjelaskan tentang klaim tersebut. Cuplikan yang ditampilkan tidak memiliki kaitan dengan narasi yang dibacakan dalam video.

Video tersebut berisi cuplikan kegiatan Anies Baswedan pada saat mengunjungi Pondok Pesantren Al-Qodiri di daerah Gebang, Jember, dan bersilaturahmi langsung dengan pendiri Ponpes K.H. Achmad Muzakki Syah pada 6 Mei 2023. Video aslinya dapat ditemukan pada kanal Youtube milik Anies Baswedan.

Sedangkan narasi yang dibacakan dalam video identik dengan artikel yang diunggah oleh Kompas dengan judul “Pengusaha di Magetan Sumbangkan Rumahnya untuk Posko Perubahan Pemenangan Anies-Cak Imin”.

Artikel ini menjelaskan tentang seorang pengusaha bernama Koh Embing menyumbangkan rumahnya yang terletak di kawasan Kawedanan, Magetan, Jawa Timur, untuk dijadikan Posko Perubahan pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=evLg4Q7sG50
– https://nasional.kompas.com/read/2023/10/15/07542961/pengusaha-di-magetan-sumbangkan-rumahnya-untuk-posko-perubahan-pemenangan