[SALAH] G3GER PAGI INI — SURYA PALOH DIP£CAT JADI KETUA NASDEM USAI T£RBUKTI K0RUP$I 250 T DIKEMENTAN

Hasil periksa fakta Ummul Hidayah. Unggahan video dengan klaim Surya Paloh dipecat jadi Ketua Nasdem karena kasus korupsi 200 T di Kementerian Pertanian. Judul dan cover pada unggahan tersebut telah dimanipulasi tidak sesuai dengan narasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut.

=========
[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi.

========
[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1698334537.22479/index.html (Facebook)

=====
[NARASI]: “G3GER PAGI INI — SURYA PALOH DIP£CAT JADI KETUA NASDEM USAI T£RBUKTI K0RUP$I 250 T DIKEMENTAN”

============
[PENJELASAN]:
Akun News Era 2024 pada 19 Oktober 2023 mengunggah video yang berjudul “G3GER PAGI INI — SURYA PALOH DIP£CAT JADI KETUA NASDEM USAI T£RBUKTI K0RUP$I 250 T DIKEMENTAN”. Unggahan yang berdurasi 12 menit 39 detik itu tidak menyampaikan tentang Surya Paloh yang dipecat dari jabatannya sebagai ketua Nasdem karena kasus korupsi sebesae 250 T di Kementan. Judul dan narasi yang disampaikan unggahan tersebut memang sama – sama membahas tentang partai Nasdem. Akan tetapi, judul unggahan tersebut menyatakan bahwa Surya Paloh dipecat sebagai ketua Nasdem sedangkan dalam narasi yang dibacakan tidak ada pernyataan tentang pemecatan Surya Paloh. Berita serupa sudah pernah dimuat dalam artikel Turm Back Hoax dengan judul “[SALAH] TANGIS SURYA PALOH PECAH, USAI DI PECAT JADI KETUA NASDEM TERBUKTI KORUPSI 200 T DI KEMENTAN SAAT INI”.

Narasi pada unggahan tersebut adalah sebuah artikel berita dari cnbcindonesia.com yang berjudul “SYL Mundur, Kursi Menteri NasDem di Kabinet Jokowi Sisa Satu” pada 6 Januari 2023. Artikel tersebut berisi tentang sisa kursi menteri dari partai Nasdem pada kabinet Jokowi yang hanya tinggal satu yaitu Siti Nurbaya Bakar sebagai Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Hal ini dikarenakan kedua anggota partai Nasdem yang menjabat sebagai Menteri Pertanian dan Menteri Komunikasi dan Informatika terkena kasus korupsi.

==========
[REFERENSI]:
– https://www.cnbcindonesia.com/news/20231006082308-4-478370/syl-mundur-kursi-menteri-nasdem-di-kabinet-jokowi-sisa-satu
– https://www.youtube.com/watch?v=SgISEn0TDY0
– https://turnbackhoax.id/2023/10/26/salah-tangis-surya-paloh-pecah-usai-di-pecat-jadi-ketua-nasdem-terbukti-korupsi-200-t-di-kementan-saat-ini/