[SALAH] Kacamata Hitam Jadi Penyebab Kanker Kulit

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya kerusakan kulit akibat sinar matahari disebabkan sinar UV terkena kulit secara langsung, tidak ada hubungan antara penggunaan kacamata hitam dengan kanker kulit. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/6aFZY

= = =

Narasi:

“It might sound a little weird but sunglasses actually have a huge impact on skin cancer. It’s because they block the light from signaling to our eyes that our body needs to react to incoming sunlight damage. Think about it, how would our body ever know?”

Terjemahan:

“Mungkin terdengar sedikit aneh, namun kacamata hitam ternyata mempunyai dampak besar terhadap kanker kulit. Hal ini karena bahan-bahan tersebut menghalangi cahaya untuk memberikan sinyal kepada mata kita bahwa tubuh kita perlu bereaksi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Coba pikirkan, bagaimana tubuh kita bisa tahu?”

= = =

Penjelasan:

Sebuah informasi di Twitter mengklaim bahwa kacamata hitam memiliki dampak besar terhadap kanker kulit karena dapat menghambat mata mendapatkan sinyal agar tubuh bereaksi terhadap kerusakan akibat sinar matahari. Diketahui banyaknya paparan radiasi sinar UV terhadap manusia yang terlalu sering tanpa menggunakan krim tabir surya dapat menyebabkan kanker kulit, seperti yang dipaparkan dalam artikel dari Halodoc.com.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya tidak ada hubungannya antara kacamata hitam dan penyakit kanker, “Apakah kacamata hitam yang menghalangi sinar UV bersifat melindungi? Ya. Apakah ada bukti bahwa memakai kacamata hitam berbahaya bagi kesehatan mata atau kulit? Tidak,” ujar Elisabeth Richard, ahli dermatologist asal Amerika ketika dimintai penjelasan terkait klaim tersebut oleh AFP.

Penggunaan kacamata justru disarankan untuk melindungi mata dan kulit di sekitar mata dari sinar matahari. Dilansir dari Mayo Clinic dalam webnya menyebut bahwa kacamata hitam dapat melindungi dari paparan sinar UV yang dapat merusak kornea mata, lensa dan bagian lainnya dari mata, selain itu kulit tipis di sekitar mata yang lebih rentan terkena kerusakan juga dapat terlindungi dengan penggunaan kacamata hitam.

Dengan demikian, Kacamata Hitam Jadi Penyebab Kanker Kulit adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/sering-terpapar-matahari-bisa-sebabkan-kanker-kulit

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33YG2KA

https://newsnetwork.mayoclinic.org/discussion/mayo-clinic-minute-why-sunglasses-are-a-must-wear/

= = =