[SALAH] Iklan Obat Batu Ginjal Sembuh 7 Hari Tanpa ke Dokter dengan Sertifikasi FDA Approved

Hasil periksa fakta Mochamad Marcell

Faktanya klaim pada iklan obat tersebut tidak mendasar sesuai ilmiah dan para ahli membantah klaim tersebut, selain itu obat tersebut tidak memiliki sertifikasi FDA Approved. Selengkapnya pada bagian penjelasan.

= = =

Kategori: Konten yang Menyesatkan

= = =

Sumber: Facebook

https://perma.cc/VP97-7L6B?type=standard

= = =

Narasi:

“ PANAS-PANAS-PANAS
Kabar gembira untuk pasien dengan batu ginjal 


Kami menemukan cara yang sangat sederhana untuk sepenuhnya menyembuhkan batu ginjal di rumah.
 ucapin SELAMAT TINGGAL BATU GINJAl SETELAH 7 HARI.
 Tidak perlu pergi ke rumah sakit.
 Tidak ada efek samping.
 Jangan khawatir akan kembali sakit.
 Hanya 2 tablet effervescent KIDNEYS Nano per hari, batu ginjal akan langsung hilang berapa pun ukurannya.

 TONTON SEKARANG 

https:// www[dot]kidneystones[dot]online/hieuph”

= = =

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan dalam bahasa Filipina yang mempromosikan obat batu ginjal dengan informasi bahwa dengan meminum 2 tablet sehari batu ginjal langsung hilang berapa pun ukurannya. Postingan tersebut juga mengklaim bahwa batu ginjal akan hilang setelah 7 hari tanpa perlu ke rumah sakit, tidak ada efek samping, dan tanpa khawatir akan kembali sakit.

Setelah ditelusuri klaim tersebut menyesatkan. Faktanya dr. Michael Mendoza dari Asosiasi Urologi Filipina melalui AFP mengatakan bahwa mengobati batu ginjal dengan ukuran berapa pun dalam waktu 7 hari sangat tidak mungkin, ia juga menyebut bahwa klaim tersebut berlebihan.

Dr. Michael lebih lanjut menjelaskan, pengobatan batu ginjal bergantung pada kondisi spesifik pasien, penanganannya seperti dengan obat minum selama sebulan hingga pembedahan. Hasil penelusuran oleh AFP tidak ditemukan bahwa produk tersebut memiliki FDA Approved di Amerika maupun di Filipina.

Menurut klikdokter.com, bahwa seorang yang pernah mengalami batu ginjal rentan kambuh untuk kedua kalinya. Dalam artikel tersebut menyebut, bahwa seseorang yang mengalami batu ginjal dalam 5 tahun kemudian akan memiliki kemungkinan 5% kemungkinan mengalami batu ginjal kembali.

Dengan demikian, klaim batu ginjal dapat sembuh dengan obat dalam 7 hari, tanpa ke rumah sakit, dan tanpa khawatir akan kembali sakit adalah tidak benar dengan kategori Konten yang Menyesatkan.

= = =

Referensi:

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.33VV428

https://www.klikdokter.com/info-sehat/ginjal-saluran-kemih/batu-ginjal-penyakit-kambuhan-mitos-atau-fakta

= = =