[SALAH] Ahok Si Mental Baja Kembali ke Panggung Politik Jadi Cawapres Ganjar

Hasil periksa fakta Agnes Amungkasari.

Video tersebut bukanlah deklarasi Ahok untuk menjadi calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar Pranowo. Potongan video tersebut diambil dari momen Kongres V PDIP pada tahun 2019.

=====

[KATEGORI]: Konten yang Menyesatkan

=====

[SUMBER]: https://archive.cob.web.id/archive/1690287290.522163/screenshot.png (TikTok)

=====

[NARASI]: “AHOK Simental Badja Kembali Ke Panggung Politik Nasional”

=====

[PENJELASAN]:

Akun TikTok ganjarbtp2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama yang siap kembali ke panggung politik nasional. Dalam video tersebut terdapat cuplikan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri yang sedang membicarakan Ahok. Video tersebut digabungkan dengan foto Ganjar Pranowo yang disandingkan dengan foto Ahok.

Sebelumnya Ganjar Pranowo diberitakan akan menjadi bakal calon presiden yang akan diusung oleh PDIP. Dengan beredarnya video tersebut, warganet kemudian beranggapan bahwa Ahok akan menjadi bakal calon wakil presiden yang akan mendampingi Ganjar pada Pemilu 2024 mendatang.

Namun setelah dilakukan penelusuran, video Megawati tersebut merupakan video lama pada saat Kongres V PDIP pada 8 Agustus 2019. Dalam acara tersebut, Megawati Soekarnoputri secara khusus menyebut nama Ahok sebelum memulai pidato politiknya. Pada video aslinya, Ahok lantas berdiri ketika namanya disebut oleh Megawati.

Diberitakan oleh CNN Indonesia, Petinggi PDIP Puan Maharani menyatakan kandidat calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke lima nama.

Berikut lima kandidat calon wakil presiden pendamping Ganjar yang diungkapkan Puan:
1. Menparekraf Sandiaga Uno
2. Menteri BUMN Erick Thohir
3. Mantan Panglima TNI Andika Perkasa
4. Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono
5. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Dari kelima nama yang dinyatakan oleh Puan, tidak ada nama Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama. Saat ini Ahok menjabat sebagai Komisaris Utama Pertamina dan tidak ada berita dari media yang kredibel mengenai kembalinya Ahok ke panggung politik nasional baik sebagai capres ataupun cawapres.

=====

[REFERENSI]:

– https://www.youtube.com/watch?v=ZNpyguxNLTY&ab_channel=KOMPASTV
– https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230724145624-617-977133/daftar-kandidat-cawapres-ganjar-yang-mengerucut-5-nama
– https://tangerang.tribunnews.com/2023/07/26/ahok-dirut-pertamina
– https://turnbackhoax.id/2023/05/10/salah-pasangan-ganjar-ahok-maju-pilpres-2024/