[SALAH] “DOA BERSAMA JUTAAN UMAT DAN PARA SANTRI UNTUK ANIES BASWEDAN JADI PRESIDEN 2024”

Hasil periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa jutaan umat dan para santri melakukan doa bersama untuk Anies Baswedan haadi presiden 2024.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1690101749.977197/singlefile.html

=====

[NARASI]: BIKIN MERINDING:exclamation:JUTAAN UMAT & SANTI BERKUMPUL GELAR DOA BERSAMA UNTUK ANIES BASWEDAN:bangbang:

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “Suara Politik” mengunggah video dengan narasi bahwa jutaan umat dan para santri melakukan doa bersama untuk Anies Baswedan haadi presiden 2024.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak ditemukan informasi kredibel terkait klaim dalam narasi. Video tersebut hanya berisi potongan video dan gambar dari peristiwa yang berbeda-beda yang digabung menjadi satu.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan artikel dari kbanews.com dengan judul artikel “119 Kiai Pantura Bersiap Kumpul dan Tegaskan Dukungan ke Anies Baswedan”.

Thumbnail yang menampilkan foto orang=orang sedang berkumpul menggunakan pakaian berwarna putih, foto tersebut identik dengan artikel milik lirboyo.net dengan judul “Khutbah Jumat: Menyambut Satu Abad Nahdlatul Ulama”.

Ternyata foto tersebut merupakan jamaah yang sedang menghadiri acara satu abad Nahdlatul Ulama yang digelar di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur pada 7 Februari 2023.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa  jutaan umat dan para santri melakukan doa bersama untuk Anies Baswedan haadi presiden 2024 adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]
https://kbanews.com/geliat-jateng/119-kiai-pantura-bersiap-kumpul-dan-tegaskan-dukungan-ke-anies-baswedan/
https://lirboyo.net/khutbah-jumat-menyambut-satu-abad-nahdlatul-ulama/