[SALAH] “Gerindra dan PPP Deklarasikan Dukungan Kepada Anies Baswedan”

Hasil Periksa fakta Yudho Ardi

Informasi menyesatkan. Judul dan isi video tidak sesuai dan narator dalam video tersebut tidak berkaitan. Dalam video tersebut sama sekali tidak ditemukan informasi bahwa Gerindra dan PPP deklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan.

=====

[KATEGORI]: KONTEN YANG DIMANIPULASI

=====

[SUMBER]: YOUTUBE
https://archive.cob.web.id/archive/1690212839.135778/singlefile.html

=====

[NARASI]: INI BARU MANTAP !!! DI PIMPIN PRABOWO SANDI, GERINDRA & PPP BERSATU DEKLARASI AKBAR ANIES PRESIDEN

=====

[PENJELASAN]:
Sebuah akun Youtube dengan nama pengguna “POLITIK INDONESIA” mengunggah video dengan narasi bahwa Gerindra dan PPP deklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan.

Setelah melakukan penelusuran, thumbnail video tersebut merupakan hasil editan dan isi video tersebut adalah potongan video dari peristiwa yang tidak berkaitan.

Narator video hanya membacakan artikel milik detik.com dengan judul artikel “urya Paloh ke Kandang Banteng, Tak Khawatir Isu Mesranya PDIP-Demokrat”.

Salah satu klip pada awal video yang menampilkan Sandiaga Uno berpidato merupakan potongan dari video YouTube Liputan 6.com dengan judul video “Pidato Politik Sandiaga Uno di Rapimnas PPP”.

Sampai saat ini tidak ditemukan informasi valid bahwa Gerindra dan PPP mendeklarasikan dukungan kepada Anies sebagai capres.

Berdasarkan penjelasan di atas klaim bahwa Gerindra dan PPP deklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan adalah salah dan masuk kategori konten yang dimanipulasi.

=====

[REFERENSI]:
https://www.detik.com/bali/berita/d-6794219/surya-paloh-ke-kandang-banteng-tak-khawatir-isu-mesranya-pdip-demokrat/amp
https://www.youtube.com/watch?v=Z2CgjCM1fYM&t=343s