[SALAH] Jokowi Terharu Kaesang Bantu Seluruh Biaya Pengobatan Indra Bekti

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video yang mengklaim bahwa Presiden Jokowi merasa terharu karena Kaesang Pangarep membantu seluruh biaya pengobatan Indra Bekti adalah konten yang menyesatkan. Faktanya, adik Indra Bekti telah membantah informasi yang menyatakan jika Kaesang menanggung seluruh biaya pengobatan sang kakak.

====

[KATEGORI]: Konten yang menyesatkan

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1674569859.024943/singlefile.html (YouTube)

====

[NARASI]: “Alasannya Sungguh Mulia! Presiden Jokowi Terharu Kaesang Bantu Biaya Pengobatan Indra Bekti”

====

[PENJELASAN]:

Channel YouTube Galeri Seleb (https://www.youtube.com/@GaleriSeleb) pada 5 Januari 2023 mengunggah video dengan klaim bahwa Kaesang Pangarep dan sang istri, Erina Gudono, telah menanggung seluruh biaya pengobatan presenter Indra Bekti yang kala itu sedang mengalami pendarahan otak. Dalam unggahan tersebut dinarasikan bahwa putra bungsu Presiden Jokowi itu telah menjenguk Indra Bekti di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa, 3 Januari 2023. Dikarenakan Indra Bekti dan Kaesang memiliki hubungan yang cukup dekat, lantas Kaesang pun juga turut membantu Indra Bekti dengan menanggung seluruh biaya perawatannya.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya informasi yang disampaikan dalam unggahan tersebut merupakan informasi yang salah. Dilansir dari laman website Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id/) dan Cek Fakta Liputan 6 (https://www.liputan6.com/), adik Indra Bekti, Cipta, meluruskan bahwa Kaesang tidak menanggung seluruh biaya pengobatan sang kakak. Tak hanya itu, Cipta juga membantah pemberitaan yang menyatakan bahwa Kaesang telah menjenguk Indra Bekti selama ia dirawat di rumah sakit.

====

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/showbiz/read/5173047/kabar-kaesang-pangarep-bantu-biaya-pengobatan-indra-bekti-adalah-hoaks
https://turnbackhoax.id/2023/01/12/salah-kaesang-pangarep-tanggung-semua-biaya-pengobatan-indra-bekti/