[SALAH] Tentara Australia Menyerah kepada Pasukan Indonesia

Hasil periksa fakta ‘Ainayya Al Fatikhah.

Unggahan video dengan klaim bahwa tentara Australia menyerah kepada pasukan Indonesia merupakan konten yang dimanipulasi. Faktanya, narator hanya membaca ulang artikel milik viva.co.id dengan judul “Takut Mati, Puluhan Tentara Ukraina Pilih Menyerah Pada Pasukan Rusia”.

====

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

====

[SUMBER]:
https://archive.cob.web.id/archive/1674630383.373871/singlefile.html (YouTube)

====

[NARASI]: “TEPAT MALAM INI!!TENTARA AUSTRALIA TIBA TIBA LAKUKAN INI DI HADAPAN TNI..!”

====

[PENJELASAN]:

Channel YouTube JENDERAL (https://www.youtube.com/@jenderal538) pada 27 Desember 2022 mengunggah video dengan klaim bahwa sebanyak 41 orang tentara Australia memilih untuk menyerah kepada pasukan militer Indonesia. Kabar mundurnya tentara Australia itu dikonfirmasi langsung oleh juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Letnan Jenderal Igor Konashenkov. Menurut Konashenkov, sekitar 2.000 tentara Australia terjebak di perbatasan Indonesia tanpa pasokan logistik dan amunisi. Selain itu, komunikasi tentara Australia dengan komando militernya juga telah terputus, sehingga dapat dipastikan jika militer Australia tidak bisa menghadapi serangan dari Indonesia dan Rusia.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narasi yang dibacakan dalam unggahan tersebut merupakan hasil suntingan karena narator hanya membaca ulang artikel milik viva.co.id (https://www.viva.co.id/) dengan mengubah subjek yang diberitakan. Artikel asli dengan judul “Takut Mati, Puluhan Tentara Ukraina Pilih Menyerah Pada Pasukan Rusia” telah diunggah pada Sabtu, 25 Juni 2022. Dalam artikel tersebut, tertulis jika tentara Ukraina-lah yang menyerah pada pasukan Rusia, bukan tentara Australia yang menyerah pada pasukan Indonesia.

====

[REFERENSI]:
https://www.viva.co.id/militer/militer-dunia/1489570-takut-mati-puluhan-tentara-ukraina-pilih-menyerah-pada-pasukan-rusia?page=all