[SALAH] Video Gibran Marah Obrak Abrik Rumah Cak Nun

Hasil periksa fakta Siti Lailatul Fitriyah

Unggahan video dengan klaim Gibran marah hingga obrak abrik rumah Cak Nun merupakan konten yang tidak benar. Faktanya Gibran justru tidak ambil pusing dengan orang-orang yang menghina Presiden yang juga bapaknya tersebut.

=========
[KATEGORI]
Konten yang Menyesatkan

========
[NARASI]
“MARAH!! GIBRAN OBRAK ABRIK RUMAH CAK NUN. TAK MAIN MAIN ANAK JOKOWI BERI WAKTU 2X24 JAM UNTUK LAKUKAN INI”

Sumber:
https://archive.cob.web.id/archive/1674612153.677239/singlefile.html

==========
[PENJELASAN]

Akun Youtube Politik Nusantara (https://youtube.com/@politiknusantara8790) pada tanggal 23 Januari 2023 dengan klaim bahwa Gibran marah hingga obrak abrik rumah Cak Nun. Beberapa waktu lalu, viral video Cak Nun yang menyebut Jokowi sebagai Firaun, Anthony Salim sebagai Qorun, Luhut sebagai Haman. Kalimat tersebut dianggap sebagai penghinaan terhadap Presiden Jokowi bahkan tidak pantas menyamakan Jokowi dengan Firaun.

Dalam video tersebut juga menjelaskan penghinaan terhadap Presiden Jokowi oleh salah satu oknum pegawai UNIBI (Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia). Ia mencuit “JADI PENGEN NIMPUK BIBIRNYA PAKE BATAKO” disertai emot tertawa. Namun Gibran meresponnya dengan santai. Bahkan Gibran ingin mencari nomor oknum tersebut dan memberinya pekerjaan. Karena setelah cuitannya tersebut viral, sang pemilik akun diberhentikan dari pekerjaannya.

Bersumber dari tvOneNews (https://youtube.com/@tvOneNews) dalam sebuah wawancara Gibran menanggapi pernyataan Cak Nun yang menyebut ayahnya sebagai Firaun dengan santai dan tidak ambil pusing. Ia menuturkan bahwa masih banyak hal lain yang lebih penting untuk diurus. Gibran sudah memaafkan kejadian tersebut dan memilih untuk fokus bekerja ketimbang mengurus hal-hal semacam itu.

==========
[REFERENSI]
https://youtu.be/GVK5gY0_QrA