[SALAH] Foto “ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar Jepang ini, kekurangan oksigen menyebabkan banyak orang pingsan”

BUKAN karena mengantri untuk membeli jam tangan pintar Jepang. Pria yang pingsan di postingan itu adalah korban pingsan karena padatnya antrean demi tiket untuk menyaksikan timnas Indonesia di pertandingan final Piala AFF U-16 pada tahun 2018.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konteks yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Ahmad Umami (fb.com/105227885539818) pada 30 Desember 2022 mengunggah sebuah postingan dengan sebagian narasi sebagai berikut:

“Tim penyelamat harus menyelamatkan ratusan orang dari Indonesia Mall Saat ribuan orang mengantri untuk membeli jam tangan pintar Jepang ini, kekurangan oksigen menyebabkan banyak orang pingsan.”

Selengkapnya di archive.ph/H3khN (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya foto seorang pria yang pingsan yang diklaim karena kekurangan saat mengantri untuk membeli jam pintar Jepang bersama ribuan orang lainnya merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan karena mengantri untuk membeli jam tangan pintar Jepang. Pria yang pingsan di postingan itu adalah korban pingsan karena padatnya antrean demi tiket untuk menyaksikan timnas Indonesia di pertandingan final Piala AFF U-16 pada tahun 2018.

Foto pria itu dimuat di artikel berjudul “Berdesakan Sampai Pingsan demi Timnas U-16 di Final Piala AFF U-16” yang terbit di situs detik.com pada 11 Agustus 2018.

Dilansir dari artikel tersebut, Final Piala AFF U-16 2018 mempertemukan Indonesia dengan Thailand di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Sabtu (11/8/2018) malam pukul 19.00 WIB. 20 ribu tiket offline untuk laga ini sudah dijual mulai pukul 07.00 WIB hari ini dan ludes dalam waktu dua jam.

Antrean panjang memadati dua titik penjualan tiket di stadion, masing-masing untuk tiket ekonomi dan kelas utama-VIP. Sebagian pemburu tiket ini bahkan sudah mengantre sejak dinihari. Oleh karena itu beberapa orang jatuh pingsan karena kelelahan dan berdesak-desakan.

REFERENSI
https://sport.detik.com/sepakbola/liga-indonesia/d-4161453/berdesakan-sampai-pingsan-demi-timnas-u-16-di-final-piala-aff-u-16
https://turnbackhoax.id/2022/11/03/salah-banyak-yang-pingsan-saat-mengantri-untuk-membeli-ac-mini-jepang-di-tunjungan-plaza/

About Adi 1409 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo