[SALAH] “Banyak yang pingsan saat mengantri untuk membeli AC mini Jepang di Tunjungan Plaza”

BUKAN pingsan karena mengantri di Tunjungan Plaza, Surabaya. Wanita di foto itu jatuh pingsan di tengah aksi unjukrasa yang digelar di Balai Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang pada Kamis, 16 Juni 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Facebook Rusida Rahim (fb.com/100086405506174) pada 23 Oktober 2022 mengunggah beberapa gambar yang salah satunya memperlihatkan seorang wanita pingsan dengan narasi sebagai berikut:

“Pemandangan yang belum pernah terjadi sebelumnya di Tunjungan Plaza. Banyak yang pingsan saat mengantri untuk membeli AC mini Jepang di Tunjungan Plaza”

Narasi selengkapnya setelah REFERENSI.
Sumber: perma.cc/59DF-JLKN (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, adanya foto seorang wanita yang pingsan yang diklaim karena mengantri untuk membeli AC mini Jepang di Tunjungan Plaza, Surabaya merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan pingsan karena mengantri di Tunjungan Plaza, Surabaya. Wanita di foto itu jatuh pingsan di tengah aksi unjukrasa yang digelar di Balai Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang pada Kamis, 16 Juni 2022.

Foto yang asli dimuat di artikel berjudul “Perempuan Pingsan Saat Ikuti Aksi Kasus Dugaan Pungli” yang terbit di situs jtvbojonegoro.com pada 17 Juni 2022.

Dilansir dari artikel tersebut, seorang Ibu muda ini mendadak jatuh pingsan di tengah aksi unjukrasa yang digelar di Balai Desa Gumulan, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, pada Kamis (16/06/2022). Sejumlah pengunjukrasa lainnya tampak panik dan langsung mengevakuasi perempuan ini ke salah satu ruangan di Balai Desa.

REFERENSI
https://www.jtvbojonegoro.com/2022/06/perempuan-pingsan-saat-ikuti-aksi-kasus.html

About Adi 1394 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo