[SALAH] “yg sebabkan roda truk ambles adalah galian kabel di jalan”

BUKAN lubang galian kabel. Truk molen tersebut terperosok ke salah satu sumur resapan di Jalan Batu Ceper, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada 31 Desember 2022.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.
===========================================
Kategori: Konten yang Menyesatkan
===========================================

Akun Twitter Cek Hoaks (twitter.com/CekHoaks) pada 1 Januari 2023 mengunggah sebuah postingan yang berisi gambar tangkapan layar cuitan dari Addie MS dan potongan artikel terkait terprosoknya sebuah truk molen ke lubang sumur resapan dengan narasi sebagai berikut:

“@addiems hoaks. Katanya truk ambles rodanya gara2 sumur resapan. Faktanya, yg sebabkan roda truk ambles adalah galian kabel di jalan. Lobang sumur resapannya sendiri di pinggir & tertutup kokoh. Cek hoaks vs faktanya”

Sumber: archive.ph/gKfW3 (Arsip)
===========================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa sebenarnya truk molen yang terprosok di Jalan Batu Ceper, Jakarta Pusat itu terprosok ke lubang galian kabel merupakan klaim yang menyesatkan.

Faktanya, bukan lubang galian kabel. Truk molen tersebut terperosok ke salah satu sumur resapan di Jalan Batu Ceper, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat pada 31 Desember 2022.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta menutup sumur resapan di Jalan Batu Ceper, Gambir, Jakarta Pusat usai insiden truk molen terperosok ke salah satu sumur resapan di jalan itu.

Riwayat penutupan lubang sumur resapan ini ditampilkan di situs Portal CRM (Cepat Respon Masyarakat) milik Pemprov DKI Jakarta. Di riwayat laporan dengan ID laporan TW2212314QIM tersebut, tertulis keterangan sebagai berikut:

“02 Jan 2023, 15:00 WIB
Tindak Lanjut oleh Petugas DINAS SUMBER DAYA AIR
Sudah dilakukan perbaikan sumur resapan oleh PKLG Sudin SDA Jakarta Pusat”

“Betul (ditutup), sudah langsung dari tim Dinas SDA hari itu juga,” kata Kepala Pusdatin Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Nugraharyadi saat dihubungi oleh CNN Indonesia, Senin (2/1/2023). Meski demikian, ia menyatakan penutupan itu hanya untuk sementara agar tidak membahayakan pengguna jalan.

“Nanti tetap akan difungsikan sebagai sumur resapan, itu perbaikan sementara agar tidak membahayakan pengguna jalan,” katanya.

Peristiwa terperosoknya truk molen itu sebelumnya diunggah oleh musisi Addie MS melalui akun Twitternya pada 31 Desember lalu. “Sumur resapan diminta warga untuk dievaluasi,” tulis Addie. Ia juga mengunggah sebuah video.

Dalam video yang diunggah terlihat satu unit truk molen terperosok di tengah jalan. Perekam video mengatakan keberadaan sumur resapan itu membahayakan pengendara.

“Saya mohon kepada pemerintahan sekarang untuk mengevaluasi kembali sumur resapan yang selalu membahayakan pengendara. Ini bukan kejadian pertama kali, sudah sering terjadi menghambat kendaraan, kendaraan pada jeblos,” kata perekam video.

REFERENSI
https://crm.jakarta.go.id/portal/report/TW2212314QIM
https://www.cnnindonesia.com/nasional/20230102162843-20-895144/pemprov-dki-tutup-sumur-resapan-di-jakpus-usai-truk-terperosok

About Adi 1411 Articles
Pemeriksa Fakta Mafindo