[SALAH] SERANGAN GILA INDONESIA TEWASKAN RATUSAN TENTARA AUSTRALIA,,MAYAT BERSERAKAN DI PULAU

Hasil periksa fakta Putri Lestari.

Konten yang Dimanipulasi. Video yang diunggah merupakan kumpulan video latihan perang tentara Indonesia, latihan gabungan tentara Inggris, Lithuania, dan Amerika Serikat serta video pernyataan Perdana Menteri Australia saat kematian Ratu Inggris yang diedit menggunakan narasi yang tidak sesuai.

= = = = =

Kategori : Konten yang Dimanipulasi

= = = = =

Sumber : Youtube
https://archive.cob.web.id/archive/1671703166.322557/singlefile.html

= = = = =

Narasi :
“SERANGAN GILA INDONESIA TEWASKAN RATUSAN TENTARA AUSTRALIA,,MAYAT BERSERAKAN DI PULAU”

= = = = =

Penjelasan :

Akun Youtube SARJANA MILITER mengunggah sebuah video pada tanggal 13 Desember 2022 dengan judul “SERANGAN GILA INDONESIA TEWASKAN RATUSAN TENTARA AUSTRALIA,,MAYAT BERSERAKAN DI PULAU”. Dalam video ditunjukkan arena perang dengan senjata dan kendaraan perang serta menampilkan video Perdana Menteri Australia yang sedang menyampaikan pernyataan dengan narasi: “Perdana Menteri Australia mengklaim bahwa militer Austalia tetap kalah dalam peluncuran senjata berat dan jumlah tentara dari Indonesia”

Setelah ditelusuri video merupakan hasil editan dari beberapa video latihan perang dari lokasi dan waktu berbeda dengan disertai narasi yang tidak sesuai. Video pertama yang ditampilkan merupakan video latihan perang tentara Indonesia di Pantai Bocor Kebumen yang diunggah pada akun Youtube Sentanu pada tanggal 19 Januari 2015 dengan judul “TNI Latihan Menembak Pesawat Di Pantai Bocor – Kebumen #2”.

Video kedua yang ditampilkan adalah video latihan gabungan antara tentara Inggris Royal Gurkha Rifles, pasukan Lithuania dan Marinir AS di area Pelatihan Pabrade, Lithuania pada 9 Juni 2015. Video lain yang ditampilkan adalah video Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese yang sedang menyampaikan pernyataan mengenai pembatalan sidang parlemen setelah meninggalnya Ratu Inggris.

Hasil penelusuran menunjukkan bahwa video yang diunggah merupakan hasil editan beberapa video latihan perang serta pernyataan yang disampaikan oleh Perdana Menteri Australia yang tidak ada kaitannya dengan serangan Indonesia terhadap Australia pada konflik Pulau Pasir seperti narasi yang disampaikan dalam video.

= = = = =

Referensi :
https://www.youtube.com/watch?v=JILSsfIGcXs

https://www.youtube.com/watch?v=i3rSE7XKA9w


https://www.youtube.com/watch?v=BYRQKGAJDVw