[SALAH] SRI MULYANI BONGKAR SOAL EKONOMI RI KE PRABOWO

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait Sri Mulyani bongkar soal ekonomi RI ke Prabowo. Video tersebut hanya berisi gabungan dari beberapa cuplikan video berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/pn7e0JO_55g (Youtube)

=======

[NARASI]:
GEGER SORE INI..!!! SRI MULYANI BONGKAR SOAL EKONOMI RI KE PRABOWO

BREAKING NEWS
KITA DALAM BAHAYA PAK..?
SRI MULYANI BUKA EKONOMI YANG SEBENARNYA

=======

[PENJELASAN]:
Sebuah video bernarasikan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani bongkar soal ekonomi Republik Indonesia ke Prabowo beredar dari channel youtube AKTUAL. Klaim tersebut diperkuat dengan gambar thumbnail yang menampilkan Prabowo Subianto bersama Sri Mulyani.

Setelah dilakukan penelusuran, dalam video tersebut terdapat narasi yang membahas tentang Sri Mulyani yang menyebut situasi dunia saat ini tidak baik-baik saja. Dunia semakin terfragmentasi, menyebabkan aturan-aturan dunia yang lama tidak lagi berlaku.

Narasi tersebut bersumber dari salah satu artikel liputan6.com bejudul “Sri Mulyani Sebut Situasi Dunia Tak Baik-Baik Saja, Ada Apa?” yang dimuat pada 30 Mei 2024.

Thumbnail yang menampilkan Prabowo bersama Sri mulyani tersebut merupakan foto ketika Menteri Keuangan Sri Mulyani berbincang dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat megikuti rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 28 November 2022. Ratas tersebut membahas evaluasi pelaksanaan Konferensi Tingat Tinggi (KTT) G20.

Foto aslinya dimuat dalam situs antarafoto.com dengan judul “RATAS EVALUASI KTT G20”.

Berdsarkan penjelasan di atas, klaim narsi yang disebarluaskan oleh channel youtube AKTUAL tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.liputan6.com/bisnis/read/5608123/sri-mulyani-sebut-situasi-dunia-tak-baik-baik-saja-ada-apa?page=4

https://www.antarafoto.com/id/view/1831817/ratas-evaluasi-ktt-g20