[SALAH] Himbauan untuk Mewaspadai Aksi Balas Dendam Komplotan Begal di Sumut

Periksa Fakta Vania. 
Faktanya, himbauan tersebut bukan berasal dari kepolisian, saat ini Kota Medan dan Provinsi Sumut terpantau dalam kondisi aman.

=====    

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====    

Sumber: Facebook
https://bit.ly/4bF2mNn

=====    

Narasi   
“*Mohon perhatian sebentar!*
Hati2 utk Wilayah seluruh negara indonesia,
khususnya daerah Sumatera-Utara 
(kota Medan dan sekitarnya).

Pihak kepolisian akan melakukan Razia besar2an di semua titik.
Razia dilakukn Gabungan mulai dr Mabes, Polda hingga Polres.
Karena banyak kerabat para Pembegal atau Genk motor yang akan membalas dendam dikarenakan rekan2 mereka banyak yg tertangkap & ada juga yang dibakar. 

Mereka berkata:  “bahwasannya kami para pembegal motor  akan membalas dendam atas perlakuan masyarakat yang main bakar terhadap anggota kami, bahkan akan lebih kejam & brutal di jalanan”.”

=====   

Penjelasan:   
Artikel disadur dari Kompas. 
Akun facebook dengan nama Novalina Sitepu telah mengunggah postingan mengenai himbauan untuk mewaspadai balas dendam yang akan yang akan dilakukan oleh kerabat dari geng motor di daerah Sumatera Utara. Himbauan tersebut juga di klaim sebagai himbauan dari humas Mabes Polri. 

Dilansir dalam kompas.com, Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, telah mengungkapkan bahwa himbauan tersebut bukan berasal dari kepolisian. Hadi juga menjelaskan bahwa narasi tersebut adalah informasi menyesatkan yang disebarkan untuk menakut-nakuti dan membuat resah masyarakat.

Narasi serupa juga pernah disebarkan pada tahun 2020, akan tetapi informasi tersebut telah dibantah dan diklarifikasi oleh Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya. Untuk saat ini, Kota Medan dan Provinsi Sumut terpantau dalam kondisi aman.

=====     

Referensi:    
https://www.kompas.com/cekfakta/read/2024/05/29/190700582/-hoaks-imbauan-mewaspadai-aksi-balas-dendam-komplotan-begal-di-sumut

=====    

Lanjutan Narasi : 
“Mereka berjanji setiap ada pengendara sepeda motor di pagi sd malam & dini hari akan dibacok dan dicincang.
Tlg sebarkn informasi ini bhw mulai jam 10 malam besok sd dini hari, penduduk dilarang ber’aktifitas keluar rumah disebabkn adanya teror balas-dendam dr komplotan pembegal dan Genk motor. 

Tadi siang kantor  Polsek dilempari kertas yang bertulisan *”Nyawa harus dibayar dengan Nyawa dan kami akan bertumbuh menjadi besar”*
Para warga dihimbau *JANGAN* keluar pada mlm & dini hari utk sementara, jk *TIDAK* ada hal2 yg mendesak.

*Demikian pesan dr humas Mabes-Polri.*
Bantu Share Ɣªª…
demi keselamatn kwn2 & keluarga kita.”