[SALAH] PRABOWO MURKA AKIBAT JADI KORBAN KEBIJAKAN JOKOWI

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Informasi menyesatkan. Faktanya tidak ditemukan pemberitaan terkait Prabowo murka akibat jadi korban kebijakan Jokowi. Video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://ghostarchive.org/varchive/jNqWv_vLCFs (Youtube)

=======

[NARASI]:
INNALILLAHIKABAR DUKA, PRABOWO KINI JADI KORBAN KEBIJAKAN HARAM J0K0WI

KABAR MENGGEMPARKAN
PRABOWO JADI TUMB4L J0K0WI
PRABOWO MURKA AKIBAT DI JEBAK JOKOWI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION dengan narasi yang menyatakan bahwa Prabowo murka akibat jadi korban kebijakan Jokowi.

Setelah menonton keseluruhan dari isi video, tidak terdapat informasi yang mendukung klaim narasi yang beredar. Thumbnail yang ditampilkan juga merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar berbeda yang digabung menjadi satu.

Narasi yang dibacakan dalam video tersebut bersumber dari artikel tribunnews.com berjudul “UKT Batal Naik, Muncul Tapera, Berikut Penjelasannya” yang dimuat pada 28 Mei 2024.

Dalam artikel ini membahas tentang pemerintah yang membatalkan kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) namun muncul iuran Tapera untuk pekerja.

Berdasarkan penjelasan di atas, narasi dengan klaim Prabowo murka akibat jadi korban kebijakan Jokowi tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://www.tribunnews.com/nasional/2024/05/28/ukt-batal-naik-muncul-tapera-berikut-penjelasannya