[SALAH] Presiden Jokowi Minta Erick Thohir dan Menpora Dito Pecat Ketua PBVSI

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, video Presiden Jokowi yang ditampilkan dan diklaim adalah video pidatonya dalam Rakornas 2019. Selain itu, narator juga hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/e3KOg1KHYIs (YouTube)

=======

[NARASI]: “MENGEJUTKAN! PRESIDEN JOKOWI TURUN TANGAN MINTA ERIK THOHIR & MENPORA COPOT KETUA PBVSI KARENA INI? | ANDA MAU SAYA PECAT DARI PBVSI, JOKOWI PERINTAHKAN MENPORA DITO COPOT KETUA PBVSI KARENA INI”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube DUNIA VOLI IDN pada 2 Juni 2024 mengunggah video dengan klaim bahwa Presiden Joko Widodo memerintahkan Erick Thohir dan Menpora Dito untuk mencopot Imam Sudjarwo dari posisi Ketua PBVSI.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya video Presiden Jokowi yang ditampilkan adalah video pidatonya ketika Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda yang digelar pada 13 November 2019. Dalam momen itu, Presiden Jokowi meminta aparat penegak hukum untuk memberikan kepastian hukum sebagaimana mestinya. Selain itu, faktanya narator juga hanya membaca ulang dua artikel yang berbeda.

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden

Pertama, artikel berjudul “AVC Challenge Cup 2024 – Bahan Evaluasi Besar-besaran Usai Srikandi Muda Tutup Perjuangan dengan Kemenangan” milik Bola Sport. Artikel tersebut memberitakan mengenai Timnas voli putri Indonesia yang menduduki peringkat tujuh pada ajang AVC Challenge Cup 2024.

Sumber: Bola Sport

Kedua, artikel berjudul “Daftar 14 Pemain Muda Timnas Voli Putra di AVC Challenge Cup 2024, Ditargetkan Tembus 6 Besar” milik iNews. Artikel tersebut memberitakan mengenai daftar pemain skuad tim putra Indonesia yang ditargetkan menembus enam besar pada ajang AVC Challenge Cup 2024.

Sumber: iNews

Hingga saat ini, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Presiden Jokowi yang meminta Erick Thohir dan Menpora Dito untuk memecat Ketua PBVSI seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube DUNIA VOLI IDN merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.bolasport.com/read/314096553/avc-challenge-cup-2024-bahan-evaluasi-besar-besaran-usai-srikandi-muda-tutup-perjuangan-dengan-kemenangan?page=all
https://www.inews.id/sport/all-sport/daftar-14-pemain-muda-timnas-voli-putra-di-avc-challenge-cup-2024-ditargetkan-tembus-6-besar/all