[SALAH] SRI MULYANI DAN AHOK BERHASIL RINGKUS ORANG BESAR ISTANA

Hasil periksa fakta Pekik Jalu Utomo.
Tidak ditemukan informasi terkait Sri Mulyani dan Ahok berhasil meringkus orang besar istana. Selain thumbnail merupakan hasil rekayasa, video tersebut hanya berisi cuplikan dari beberapa peristiwa berbeda yang ditambahi dengan narasi menyesatkan.

=======

[KATEGORI]: Konten yang dimanipulasi

=======

[SUMBER]: https://perma.cc/2KMY-2T6E (Youtube)

=======

[NARASI]:
MAMFUSSJ0K0WI PUCAT, SRI MULYANI & AHOK BERHASIL RINGKUS ORANG BESAR ISTANA INI

KABAR MENGGEMPARKAN
AHOK KEMBALI GEGERKAN PUBLIK
BERHASIL R1NGKUS ORANG BESAR ISTANA INI

=======

[PENJELASAN]:
Beredar sebuah video dari channel youtube bernama ONE NATION bernarasikan Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berhasil meringkus orang besar istana.

Setelah ditelusuri, thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari beberapa gambar yang digabung menjadi satu. Dalam video tersebut hanya menyajikan beberapa cuplikan video berbeda yang tidak mendukung klaim narasi.

Narator dalam video tersebut hanya membacakan ulang artikel dari detik.com berjudul “Ada 14 Temuan BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah, Ini Kata Sri Mulyani”. Artikel ini membahas tentang respon Sri Mulyani terkait Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mencatat terdapat 14 temuan pemeriksaan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2023.

Selain itu, narator juga membacakan artikel dari sinarlampung.co dengan judul “Lagi, BPK Ketahuan Peras Pejabat Minta Rp10 Miliar ke PT Waskita”. Dalam artikel ini membahas tentang Pegawai BPK yang ketahuan memeras Rp 10 miliar kepada proyek pembangunan jalan.

Dengan demikian, narasi dengan klaim Sri Mulyani dan Ahok berhasil meringkus orang besar istana tidak terbukti dan termasuk ke dalam konten yang dimanipulasi.

=======

[REFERENSI]:
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-7358449/ada-14-temuan-bpk-atas-laporan-keuangan-pemerintah-ini-kata-sri-mulyani

https://sinarlampung.co/lagi-bpk-ketahuan-peras-pejabat-minta-rp10-miliar-ke-pt-waskita/