[SALAH] Erick Thohir Pecat Imam Sudjarwo Karena Dianggap Tidak Mampu Mengurus PBVSI

Hasil periksa fakta Ainayya.

Faktanya, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai klaim tersebut dan narator hanya membaca ulang artikel dari tiga sumber yang berbeda.

=======

[KATEGORI]: Konten yang Dimanipulasi

=======

[SUMBER]:

https://ghostarchive.org/varchive/ej3FXLt6Fhc (YouTube)

=======

[NARASI]: “MANTAP! ERIK TOHIR LANGSUNG TURUN TANGAN PANGGIL & COPOT IMAM SUDJARWO KARENA GAK BECUS URUS PBVSI? | ERICK THOHIR PECAT PBVSI, MENGEJUTKAN!”

=======

[PENJELASAN]:

Kanal YouTube DUNIA VOLI IDN pada 3 Juni 2024 mengunggah video dengan judul dan thumbnail yang mengklaim bahwa Erick Thohir telah memanggil dan memecat Ketua PBVSI, Imam Sudjarwo, setelah dianggap tidak becus mengurus PBVSI.

Setelah dilakukan penelusuran, faktanya narator hanya membaca ulang tiga artikel yang berbeda.

Pertama, artikel milik Liputan 6 berjudul “BUMN Sering Jadi Sponsor Olahraga, Erick Thohir: Ini Apresiasi, Tanpa Ada Paksaan”. Artikel tersebut memberitakan mengenai pernyataan Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menegaskan bahwa pemberian sponsor dari perusahaan BUMN pada sektor olahraga tidak bersifat paksaan, melainkan sebagai bentuk apresiasi BUMN terhadap sektor olahraga di Indonesia.

Sumber: Liputan 6

Kedua, artikel milik bola.net berjudul “Jasil AVC Challenge Cup 2024: Indonesia Ditumbangkan Korea Selatan”. Artikel tersebut memberitakan mengenai Timnas Voli putra Indonesia yang ditundukkan Korea Selatan pada pertandingan pertama pul C AVC Challenge Cup 2024 dengan skor telak 3-0.

Sumber: bola.net

Ketiga, artikel milik tirto.id berjudul “Jadwal Voli AVC Putra 2024 Indonesia vs Qatar Live TV & Klasemen”. Artikel tersebut memberitakan mengenai Timnas voli putra Indonesia yang dijadwalkan melakoni match ke-dua menghadapi Qatar dalam pertandingan AVC Challenge Cup yang digelar pada 4 Juni 2024.

Sumber: tirto.id

Hingga saat ini, tidak ditemukan informasi kredibel mengenai Erick Thohir yang memecat Ketua PBVSI seperti yang diklaim pada unggahan.

Dengan demikian, informasi yang disebarluaskan oleh kanal YouTube DUNIA VOLI IDN merupakan informasi yang salah.

=======

[REFERENSI]:

https://www.liputan6.com/bisnis/read/5589104/bumn-sering-jadi-sponsor-olahraga-erick-thohir-ini-apresiasi-tanpa-ada-paksaan?page=2
https://www.bola.net/voli/jasil-avc-challenge-cup-2024-indonesia-ditumbangkan-korea-selatan-88ae50.html
https://tirto.id/jadwal-voli-avc-putra-2024-indonesia-vs-qatar-live-moji-tv-klasemen-gZdV